KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan Kasus BLBI Ditunda

    Candra Yuri Nuralam - 07 Juni 2021 14:27 WIB
    KPK Tak Hadir, Sidang Praperadilan Kasus BLBI Ditunda
    Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri. Medcom.id/Arga Sumantri



    Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang perdana gugatan praperadilan penghentian perkara kasus korupsi bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI) hari ini, Senin, 7 Juni 2021. Namun, sidang ditunda.

    "KPK meminta penundaan sidang karena tim biro hukum KPK masih menyiapkan surat-surat dan administrasi persidangan lebih dahulu," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin, 7 Juni 2021.

     



    Ali mengatakan pihaknya sudah menerima surat panggilan dalam praperadilan. Lembaga Antikorupsi juga sudah memberikan balasan pada 31 Mei 2021 untuk penundaan sidang.

    (Baca: KPK Masih Kurang Sreg Kasus BLBI Disetop)

    KPK membantah penundaan berkaitan dengan proses alih status pegawai menjadi aparatur sipil negara (ASN). Ali menegaskan dua hal itu tak berkaitan.

    "Kami tegaskan permintaan penundaan ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan polemik TWK (tes wawasan kebangsaan)," ujar Ali.

    Lembaga Antikorupsi menjamin akan hadir pada persidangan berikutnya. Sebelumnya Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) mengajukan gugatan praperadilan terkait penyetopan kasus BLBI ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

    MAKI tak terima pengusutan dugaan rasuah yang diduga dilakukan pemegang saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) Sjamsul Nursalim dan Itjih Nursalim itu disetop.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id