KPK Perkuat Kerja Sama dengan Lembaga Antikorupsi Inggris

    Candra Yuri Nuralam - 18 Februari 2021 06:25 WIB
    KPK Perkuat Kerja Sama dengan Lembaga Antikorupsi Inggris
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang komitmen kerja sama penanganan rasuah dengan Serious Fraud Office (SFO) dari Inggris. Lembaga antirasuah kedua negara ini bakal saling bertukar data dan memberikan bantuan penanganan perkara jika berkaitan dengan Indonesia dan Inggris.

    Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2010. Kerja sama ini perlu dilakukan karena pola korupsi beradaptasi dengan perkembangan zaman.






    "Maka itu kerja sama kami dengan SFO sangat bermanfaat baik dalam pertukaran data, penanganan perkara, bahkan peningkatan kapasitas pegawai KPK, ini harus terus dilanjutkan sampai kapanpun," kata Firli dalam telekonferensi, Rabu, 17 Februari 2021.

    Firli mengatakan Lembaga Antikorupsi tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani kasus rasuah dengan modus jika aset atau bukti sudah dibawa koruptor ke luar negeri. Pengembangan perkara di luar negeri juga berpotensi terhambat jika kerja sama antarlembaga tak dijaga.

    Baca: KPK Siap Bantu Inggris Usut Kasus Bombardier dan Garuda

    Direktur SFO Lisa Osofsky menyambut baik perpanjangan kerja sama dengan KPK. Osofsky berharap kerja sama penanganan korupsi dengan Indonesia tak terhenti.

    "Dalam kondisi seperti inilah kita perlu melakukan upaya bersama untuk memerangi korupsi," ujar Lisa.

    Lisa menyarankan beberapa trik penanganan korupsi yang bisa diterapkan KPK. Salah satunya, penangguhan penuntutan (deferred prosecution agreement).

    Lisa menilai penangguhan penuntutan perlu dilakukan KPK. Metode penanganan korupsi tersebut sudah digunakan di Inggris dan dinilai efektif memberantas rasuah di Negeri Ratu Elizabeth.

    Pertemuan KPK-SFO digelar secara daring. Pertemuan itu juga dihadiri oleh Strategy and Policy Division SFO Zoe Woodrow. Sementara itu, pejabat KPK yang turut hadir ialah Deputi INDA Hadiyana, Deputi Penindakan dan Eksekusi Karyoto, dan Direktur Penyidikan Setyo Budiyanto.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id