comscore

KPK Buka Lowongan untuk 11 Pimpinan Madya dan Pratama

Candra Yuri Nuralam - 14 Februari 2022 16:47 WIB
KPK Buka Lowongan untuk 11 Pimpinan Madya dan Pratama
Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa/Medcom.id/Candra
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka lowongan sebelas jabatan pimpinan di tingkat madya dan pratama. Sebanyak dua orang dibutuhkan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi madya, dan sembilan dibutuhkan untuk jabatan pimpinan tinggi pratama.

"Untuk memperkuat manajemen sumber daya manusia (SDM) KPK guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas pemberantasan korupsi yang terus mengalami perkembangan," kata Sekretaris Jenderal KPK Cahya Harefa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin, 14 Februari 2022.
Cahya mengatakan lowongan ini merupakan tindak lanjut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Lembaga Antikorupsi tidak boleh membiarkan ada jabatan kosong berlarut karena berpotensi memperlambat penanganan rasuah di Indonesia.

Dua jabatan di tingkat madya yang dibutuhkan yakni Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi, dan Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat. Sementara itu, sebanyak sembilan jabatan di tingkat pratama yakni Direktur Penyidikan, Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV, dan Kepala Sekretariat Dewan Pengawas. Kemudian, Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik, dan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi.

Lalu, di tingkat pratama KPK juga mencari pejabat mengisi posisi Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi, dan Kepala Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi. Kemudian, Kepala Biro Sumber Daya Manusia, dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

"Sejumlah sebelah posisi tersebut saat ini belum memiliki pejabat definitifnya," ujar Cahya.

Baca: KPK Tegaskan Perkom Kepegawaian Bukan untuk Menjegal Pihak Tertentu

KPK sudah menyiapkan empat tim panitia seleksi yang terdiri atas 24 orang untuk pencarian pejabat baru itu. Sebanyak 14 anggota berasal dari eksternal, sementara itu sepuluh sisanya merupakan pihak internal KPK.

"Sedangkan anggota pansel dari pihak internal KPK, terdiri atas Deputi dan Direktur di KPK," tutur Cahya.

Pencarian pejabat KPK ini dilakukan mulai dari hari ini, 14 Februari 2022 sampai 28 Februari 2022. Masyarakat yang mau melamar bisa ikut dengan mengakses www.ipt.kpk.go.id.

Pegawai negeri sipil (PNS) dan anggota Polri juga diperbolehkan untuk ikut melamar untuk mengisi jabatan tersebut. Namun, PNS anggota Polri yang mau ikut harus sesuai dengan syarat dan ketentuan tertentu untuk mengikuti seleksi ini.

"Kami berharap, melalui pemenuhan sumber daya manusia KPK, maka dapat memperkuat upaya-upaya pemberantasan korupsi, baik melalui strategi pendidikan, pencegahan, maupun penindakan," ucap Cahya. 

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id