Laporkan Greenpeace ke Polisi, KPK Tegaskan Tak Antikritik

    Candra Yuri Nuralam - 21 Juli 2021 15:34 WIB
    Laporkan Greenpeace ke Polisi, KPK Tegaskan Tak Antikritik
    Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak antikritik terkait upaya melaporkan Greenpeace Indonesia ke polisi. Lembaga Antikorupsi menyebut aduan itu dibuat bukan karena kritik dari Greenpeace Indonesia.

    "KPK sangat menghormati kebebasan untuk menyampaikan gagasan dan pendapat sebagaimana dijamin oleh undang-undang," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri kepada Medcom.id, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Menurut dia, KPK terbuka dengan gagasan, informasi, kritik, maupun masukan dari semua pihak. Namun, penyampaian pendapat harus dilakukan sesuai aturan.

    "Menembakkan laser ke Gedung KPK yang saat itu dilakukan di malam hari dan kami menduga kegiatan dilakukan tanpa ada izin dari yang berwenang, bagi kami ini tidak seperti aksi biasanya dan sangat tidak normal," ujar Ali.

    Baca: Dewas Diminta Bersikap Usai KPK Laporkan Greenpeace ke Polisi

    Ali mencatat Greenpeace Indonesia menembakkan laser berisi kritik sekitar pukul 19.05 WIB, Senin, 28 Juni 2021. Aksi itu dianggap melanggar batas waktu demonstrasi, yakni hingga pukul 18:00 waktu setempat.

    "Atas dasar itu, kami tidak bisa memaknainya sebagai kebebasan berpendapat. Karena siapa pun dalam konteks menyampaikan aspirasi tentu harus dilakukan sesuai aturan yang berlaku," tutur Ali.

    Biro Umum KPK melaporkan penembakan laser dari Greenpeace Indonesia kepada Polres Jakarta Selatan. Aksi pada malam hari itu itu dianggap mengganggu Lembaga Antirasuah.

    "Kami menilai telah ada potensi kesengajaan melakukan gangguan ketertiban dan kenyamanan operasional perkantoran KPK sebagai objek vital nasional," tegas Ali, Senin, 19 Juli 2021.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id