Uji Praktik SIM Kini Pakai e-Drive

    Candra Yuri Nuralam - 02 Desember 2019 07:10 WIB
    Uji Praktik SIM Kini Pakai e-Drive
    Salah satu tes ujian pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: Antara/Asep Fathulrahman).
    Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mempermudah uji praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) A dan C. Uji menggunakan eletronic driving test system (e-Drive). 

    "Dengan sistem ini diharapkan pemohon SIM benar-benar mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, profesional, modern dan tepercaya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf di Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.

    Yusuf mengatakan sistem juga bisa menjelaskan tata cara pembuatan SIM. Tata cara mencakup hal-hal yang diujikan dalam tes praktik.

    Dia mengungkapkan sistem bekerja dengan terhubung radio frequency identification (RFDI) yang ditempatkan di tempat uji praktik. Sistem akan menilai pengendara saat uji praktik. 

    "Ketika peserta melewati RFID maka secara otomatis data peserta akan tampil pada aplikasi ujian praktik SIM di ruang monitoring," ujar Yusuf.

    Yusuf memaparkan sistem akan mengeluarkan sinar infra merah pada garis awal dan garis akhir. Sinar akan memberi sinyal masuk ke sistem dan diolah menjadi data. 

    Selain itu juga ada sensor getaran yang disematkan di rintangan jalur uji. Yusuf menuturkan bila kendaraan uji mengenai sensor, nilai peserta bakal berkurang. 

    "Selain itu juga ada sistem ultrasonik yang mengeluarkan pancaran gelombang suara dengan frekuensi tinggi 20 Kilo Hertz, sensor ini diletakkan pada tahapan tanjakan dan turunan uji praktik SIM A, sistem ini akan menilai peserta saat tes mendaki," tutur Yusuf.

    Nantinya, peserta uji bisa langsung melihat hasil di sistem e-Drive. Peserta juga bisa melihat kesalahan secara jelas di sistem itu.

    "Dengan e-Drive penilaian lebih akurat dan transparan serta lebih memberikan kepastian hukum," tutur dia. 






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id