Polisi Janji Kasus Pemadaman Listrik Rampung Dua Pekan

    Kautsar Widya Prabowo - 08 Agustus 2019 16:10 WIB
    Polisi Janji Kasus Pemadaman Listrik Rampung Dua Pekan
    Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. ANT/Indrianto Eko.
    Jakarta: Polri memastikan kasus pemadaman listrik massal dapat rampung dalam dua minggu. Pada minggu pertama, Polri akan fokus mencari tahu penyebab pemadaman listrik pada 4 Agustus itu.

    "Minggu pertama kalau sudah berhasil melalui assessment penyebab awal terjadinya blackout, nanti akan disampaikan (perkembangan) dari mulai hari ini," kata Karopenmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Agustus 2019.

    Pada minggu kedua, Polri berharap mengetahui seluruh masalah yang menyebabkan lumpuhnya ibu kota itu. Ia pun berjanji akan menyampaikan hasil penyelidikan kepada publik.

    "Untuk hasil komprehensifnya nanti minggu kedua.  Nanti diaudit semuanya itu, dari Ungaran sampai Jawa Barat kemudian Banten, kemudian Jakarta," tuturnya.

    Baca: Polri Temukan Penyebab Pemadaman Listrik Massal

    Jenderal bintang satu itu menjelaskan Polri bekerja sama dengan sejumlah instansi menyelidiki hal ini. Tim investigasi terdiri dari Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipitsiber), Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor), unit Identifikasi Sidik Jari (INAFIS), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), dan sejumlah ahli.

    "Itu dalam rangka untuk mendalami proses kelistrikan dan tidak menutup kemungkinan apakah dalam proses investigasi ini ditemukan bentuk pelanggarannya, baik pidana, administrasi atau pun pelanggaran lainnya," tuturnya.

    Pemadaman listrik serentak di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten, terjadi hampir 12 jam. Pemadaman berawal dari gangguan pada saluran udara tegangan ekstra tinggi 500 kV Ungaran-Pemalang. Selain itu, terjadi gangguan pada gas turbin 1-6 di Suralaya dan di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id