KPK Bentuk Tim Transisi Perubahan Status Pegawai

    M Sholahadhin Azhar - 20 November 2019 22:26 WIB
    KPK Bentuk Tim Transisi Perubahan Status Pegawai
    Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) memastikan karyawan KPK tetap independen meski statusnya menjadi ASN. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak khawatir atas perubahan status pegawai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Ketua KPK Agus Rahardjo telah merumuskan cara untuk menyikapi hal ini.

    "Kita kan sudah membentuk tim transisi yang diketuai Pak Sekjen. Negosiasi perundingan terus berjalan, harapan kita semua dikonversi menjadi ASN," kata Agus di Jakarta, Rabu, 20 November 2029.

    Tim transisi akan memformulasikan langkah konversi status pegawai Lembaga Antirasuah. Namun Agus belum bisa memerinci detailnya. Karena saat ini, tim sedang berunding dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

    "Kesepakatan belum, tapi kita masih berunding terus dengan teman-teman," kata dia.

    Intinya, tegas Agus, ia tak khawatir perubahan status kepegawaian di lembaga yang dipimpinnya. Sebab ada budaya check and balance di KPK yang menjamin harmonisasi pimpinan dan pegawai. Menurut dia, karyawan lembaga antirasuah tetap akan independen meski jadi abdi negara.

    "Oleh karena itu saya kok enggak khawatir itu walaupun nanti dia ASN mereka akan kehilangan independensi. Itu budaya sejak KPK berdiri tahun 2003. Rasanya sudah cukup kuat," kata Agus.

    Selain soal independensi, Agus juga tak khawatir terkait rotasi ASN di KPK ke instansi lain. Menurutnya, pemindahan pegawai antirasuah akan berdampak baik.

    Agus memberi contoh jika pegawai KPK dipindah ke BUMN. Maka mereka akan menularkan budaya baik dan berintegritas. Hal ini juga menjadi program pimpinan KPK saat ini.

    "Jadi program itu memang menjadi program pimpinan-pimpinan yang sekarang ini. Mudah-mudahan nanti diteruskan oleh pimpinan berikutnya," kata Agus.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id