400 Pedemo UU Cipta Kerja Ditangkap

    Siti Yona Hukmana - 08 Oktober 2020 13:27 WIB
    400 Pedemo UU Cipta Kerja Ditangkap
    Ilustrasi/MI/Ramdani
    Jakarta: Massa demonstrasi Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang ditangkap polisi terus bertambah. Jumlahnya melebihi 400 orang.

    "Kemarin sudah kita amankan sekitar 251, pagi ini kita amankan lagi 150," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Oktober 2020.  

    Yusri memastikan 400 orang yang ditangkap bukan buruh yang menolak UU Ciptaker. Mereka adalah penyusup yang diduga akan melakukan kerusuhan. 

    "Ada indikasi anarko yang bukan orang-orang yang mau demo, mereka ini orang-orang pengangguran kita amankan," ungkap Yusri. 

    Baca: 10 Pedemo UU Ciptaker di Istana Merdeka Reaktif Covid-19

    Sebanyak 2 juta buruh mogok kerja sejak Selasa, 6 Oktober hingga puncaknya pada Kamis, 8 Oktober 2020. Hari ini para buruh unjuk rasa di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

    Dasar hukum mogok nasional adalah Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM) dan UU Nomor 12 Tahun 2005 tentang Pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik.

    UU Ciptaker dinilai merugikan buruh. Salah satunya, menghapus ketentuan upah minimum di kabupaten/kota, dan juga dapat menurunkan akumulasi gaji dalam pesangon.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id