Eks Plt Kadis PUPR Muara Enim Dijebloskan ke Rutan Palembang

    Candra Yuri Nuralam - 18 Februari 2021 07:15 WIB
    Eks Plt Kadis PUPR Muara Enim Dijebloskan ke Rutan Palembang
    Ilustrasi penjara. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalankan eksekusi atas terpidana sekaligus mantan pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Muara Enim Ramlan Suryadi. Ramlan akan menjalani hukuman penjara selama empat tahun.

    "Memasukkan Ramlah ke Rumah Tahanan Negara Palembang untuk menjalani pidana penjara selama empat tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 18 Februari 2021.




    Ali mengatakan eksekusi ini dilakukan berdasarkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada PN Palembang Nomor 18/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Plg tanggal 19 Januari 2021. Putusan itu menegaskan Ramlan terbukti bersalah melakukan korupsi.

    Lembaga Antikorupsi itu juga akan menagih denda Rp200 juta ke Ramlan. KPK bakal menambah hukuman penjara Ramlah selama enam bulan jika dendanya tidak dibayarkan.

    "Dan kewajiban membayar uang pengganti sejumlah Rp1.102.675.000,00, jika dalam waktu satu bulan setelah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut," tegas Ali.

    Baca: Bupati Muara Enim Tersangka Kasus Suap Proyek PUPR

    Uang pengganti itu bakal terus ditagih oleh KPK untuk pengembalian aset negara atas rasuah yang dilakukan Ramlan. Lembaga Antikorupsi itu bakal menambah hukuman Ramlan selama setahun jika uang pengganti itu tidak dibayar.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id