Tes Covid-19 Karyawan Tanggung Jawab Perusahaan

    Selamat Saragih - 30 Juli 2020 21:06 WIB
    Tes Covid-19 Karyawan Tanggung Jawab Perusahaan
    Sejumlah pekerja berjalan usai bekerja dengan latar belakang gedung perkantoran di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 16 April 2020. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan tes massal mendeteksi karyawan terpapar covid-19 di perkantoran menjadi tanggung jawab perusahaan. Hal ini diungkap merespons banyaknya kantor menjadi klaster penyebaran covid-19.

    "Apalagi bila perusahaan tidak menerapkan protokol kesehatan yang disyaratkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta," kata Andri, Kamis, 30 Juli 2020.

    Menurut dia, sedianya Pemeritah Provinsi (Pemprov) harus menyediakan fasilitas ini. Kendati begitu, dia mengaku tidak mempunyai anggaran untuk membiayai tes covid-19 massal di perusahaan.

    "Namun, kami melihat perusahan itu mampu atau tidak. Jadi, itu kewajiban perusahaan untuk membiayai karyawannya yang sakit agar tidak terjadi seperti itu. Lebih baik disiplin dan taat pada ketentuan," tukas Andri.

    Baca: Penyebaran Covid-19 dari Perkantoran Meningkat Nyaris 10 Kali Lipat

    Selain itu, dia meminta perusahaan tidak menutup-nutupi informasi jika ada karyawan yang terpapar covid-19. Di sisi lain, Disnakertransgi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakartauntuk membantu perusahaan yang benar-benar tidak mampu.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id