comscore

Polri Siapkan Pengamanan Demo May Day

Siti Yona Hukmana - 12 Mei 2022 20:05 WIB
Polri Siapkan Pengamanan Demo <i>May Day</i>
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Sejumlah massa buruh akan menggelar aksi May Day pada 12 dan 14 Mei 2022. Polri siap mengamankan dan mengawal aksi demonstrasi dalam rangka Hari Buruh Sedunia. 

"Terkait informasi tersebut sekali lagi kewajiban kita untuk melakukan pengawalan dan pengamanan, baik itu tanggal 12 maupun tanggal 14 nanti," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Mei 2022. 
Ramadhan mengatakan sebelumnya polisi terlebih dahulu menerima surat pemberitahuan atas aksi tersebut. Baru setelah itu polisi mengerahkan pasukan untuk mengawal aksi tersebut.

Dia menyebut Polri memiliki kewajiban mengawal dan menjaga aksi demonstrasi yang dilakukan masyarakat. Unjuk rasa dijamin Undang-Undang (UU) Dasar 1945 dan amanat UU Nomor 9 Tahun 98 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Tentu komitmen Polri selalu menghargai hak-hak demokrasi. Siapapun yang melakukan kegiatan unjuk rasa kita akan melakukan pengawalan dan pengamanan," ungkap jenderal bintang satu itu.

Baca: Ribuan Polisi Diturunkan untuk Amankan May Day di Bandung

Sejumlah massa buruh melakukan aksi demontrasi di sejumlah lokasi Kawasan Jakarta pada 12 dan 14 Mei 2022 dalam memperingati May Day atau Hari Buruh Tahun 2022. Aksi itu pun telah digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Kamis siang, 12 Mei 2022. 

Presiden Partai Buruh Said Iqbal sebelumnya mengatakan sebanyak 100 ribu buruh akan menggelar aksi unjuk rasa besar-besaran di DPR RI, Jakarta, pada Sabtu, 14 Mei 2022. Selain Partai Buruh, aksi tersebut juga akan diikuti oleh empat konfederasi serikat buruh. 

Keempatnya yakni Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI). Nantinya, aksi tersebut juga akan diikuti sekitar 50-60 federasi serikat pekerja tingkat nasional. 

Setelah menggelar aksi di gedung parlemen, para peserta aksi nantinya akan bergeser ke Jakarta International Stadium (JIS). Para buruh akan menggelar May Day Celebration di stadion sepak bola tersebut.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id