comscore

Operasi Damai Cartenz Diyakini Bakal Membuat KKB Keluar dari Persembuyian

Kautsar Widya Prabowo - 19 Januari 2022 09:16 WIB
Operasi Damai Cartenz Diyakini Bakal Membuat KKB Keluar dari Persembuyian
Ilustrasi Medcom.id.
Jayapura: Strategi penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua diubah melalui Operasi Damai Cartenz 2022. Operasi yang mengendepankan tindakan humanis ini diyakini membuat KKB keluar dari persembunyian.

"Yang paling penting bagi kami adalah mengedukasi supaya mereka mau keluar dan bisa kembali ke masyarakat normal," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Gedung Mabes Polda Papua, Selasa, 18 Januari 2022.

 



Mathius menjelaskan pendekatan humanis sudah mulai diterapkan pada operasi penanganan KKB saat ini, yaitu Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi. Operasi ini akan berakhir pada akhir Januari dan diganti Operasi Damai Cartenz.

Jenderal bintang dua itu mengeklaim melalui pendekatan humanis jumlah korban menurun. Terutama korban dari masyarakat sipil.

"Kita mengurangi risiko korban dari pada masyarakat dan itu cukup efektif dan berhasil hampir 16 orang pelaku langsung kita tangkap dan mereka sedang menjalani proses pengadilan," kata dia.

Baca: Operasi Damai Cartenz Bakal Kurangi Penyerangan

Mantan Dansat Brigade Mobil (Brimob) Papua itu mengatakan saat ini terdapat beberapa daerah yang telah mengalami penurunan kontak senjata akibat pendekatan humanis. Di antaranya Puncak Jaya dan Lanny Jaya.

"(Kami) mempercepat proses pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan. Itu dampak dua kabupaten itu majunya luar biasa, mereka jadi sentra pembangunan baru di pengunungan," kata dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id