comscore

Besar Gaji Eks Pegawai KPK Disesuaikan Lama Pengabdian

Siti Yona Hukmana - 13 Desember 2021 14:31 WIB
Besar Gaji Eks Pegawai KPK Disesuaikan Lama Pengabdian
Eks pegawai KPK mengikuti sosialisasi rekrutmen ASN Polri. Foto: Medcom.id/Siti Yoba Hukmana
Jakarta: Polri memastikan 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menjadi aparatur sipil negara (ASN) Korps Bhayangkara mendapatkan gaji yang adil. Besaran gaji mereka disesuaikan dengan beberapa hal.

"Tentu melihat dari apa yang dilakukan, pengabdian, seperti masa kerja, jabatan, dan pangkat yang disesuaikan," kata Analis Kebijakan Madya Bidang Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Polri Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam bincang-bincang via akun Instagram Mabes Polri, Senin, 13 Desember 2021. 
Namun, Yudo tidak membeberkan kisaran pasti gaji mantan penyidik KPK Novel Baswedan cs di lingkungan Polri. Dia menegaskan indeks gaji mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Baca: Pos Brimob di Serambakom Papua Ditembak KKB

Sebelumnya, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan gaji Novel Baswedan cs akan berbeda dengan kondisi ketika berada di KPK. Namun, besaran gaji disesuaikan dengan golongan yang telah didapat saat berada di Lembaga Antirasuah. 

"Untuk penggolongan mereka disesuaikan ketika melaksanakan tugas di KPK, akan meneruskan itu, akan menyesuaikan itu," kata Rusdi, Jumat, 10 Desember 2021. 

Gaji ASN Polri diketahui mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS). Gaji terendah, yakni golongan I Rp1.560.800 dan tertinggi golongan IV Rp5.901.200 per bulan.

Di luar gaji, ASN Polri mendapatkan beragam tunjangan. Salah satunya tunjangan istri/suami sebesar lima persen dari gaji dan tunjangan anak dua persen dari gaji.

Sementara itu, gaji pegawai KPK sebelum menjadi ASN tidak dijabarkan dengan pasti. Namun, setelah menjadi ASN, gaji pegawai KPK mengikuti aturan yang sama dengan Polri, yakni PP Nomor 15 Tahun 2019.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id