comscore

KY Kawal Proses Hukum 2 Hakim ‘Nyabu’ di PN Lebak

MetroTV - 27 Mei 2022 06:56 WIB
KY Kawal Proses Hukum 2 Hakim ‘Nyabu’ di PN Lebak
Komisi Yudisial kawal proses proses hukum 2 hakim nyabu. Foto: Dok/Metro Tv
Lebak: Hakim Yudi Rozadinata dan Danu Arman terciduk sedang menggunakan narkoba jenis sabu atau metamfetamin di Pengadilan Negeri (PN) Lebak, Banten pada Selasa, 17 Mei 2022 silam.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Banten menyebut kedua tersangka memesan barang haram tersebut dari Sumatra dan dikirimkan melalui ekspedisi. BNN berhasil menyita barang bukti berupa sabu seberat lebih dari 20 gram, pipet, bong dan korek api.
Komisi Yudisial (KY) menyayngkan perilaku kedua oknum hakim tersebut. Sebagai antisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang, KY akan terus memperkuat kerja sama dengan Mahkamah Agung (MA) dalam mengawasi perilaku hakim. Sebab, kedua hakim tersebut telah mencoreng nama baik lembaga peradilan.

“Komisi Yudisial menaruh kepercayaan terhadap proses penanganan yang sedang berlangsung di Badan Narkotika Nasional,” kata Juru Bicara KY Miko Ginting dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Kamis, 26 Mei 2022.

Miko meyakini bahwa BNN dapat menangani kasus ini secara transparan, akuntabel, dan bebas dari intervensi. Apalagi, salah satu pelaku diketahui merupakan anak petinggi MA.

Menurut Mantan Hakim dan Ketua DPP Gerakan Nasional Anti Narkoba (Granat) Asep Iwan Iriawan, sanksi pemecatan sudah dinilai sesuai. Terlebih, sebelumnya para pelaku sudah melakukan pelanggaran kode etik. Jika MA tidak tegas, maka tidak akan memberikan efek jera dan berpotensi terulang kembali.

“Tapi kalau orang ini saya kira udah watak tabiatnya, dulu melakukan kesalahan tidak ditindak cuma dimutasi, dia merasa mungkin besar kepala,” tutur Asep. (Hana Nushratu)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id