Eks Anggota FPI Siap-siap Ditindak Bila Masih Aktif Berkegiatan

    Kautsar Widya Prabowo - 07 Januari 2021 01:06 WIB
    Eks Anggota FPI Siap-siap Ditindak Bila Masih Aktif Berkegiatan
    Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. MI/Susanto
    Jakarta: Jaksa Agung ST Burhanuddin memerintahkan jajarannya melakukan deteksi dini dan mengantisipasi kegiatan maupun penggunaan simbol dan atribut Front Pembela Islam (FPI). Dia menegaskan tidak boleh ada kegiatan dari FPI.

    "Penindakan secara tegas apabila masih ada jajaran maupun anggotanya (FPI) baik di pusat maupun daerah, yang masih aktif melakukan kegiatan organisasi," kata Burhanuddin dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Januari 2021.

    Dia juga meminta jajarannya mengantisipasi penolakan dari mantan anggota FPI. Burhanuddin tak ingin penolakan mengganggu ketentraman dan ketertiban umum.

    Burhanuddin juga menyebut perlu ada antisipasi deklarasi perubahan nama dari Front Pembela Islam menjadi Front Persatuan Islam. "Sosialisasi secara persuasif kepada setiap jajaran maupun anggotanya (FPI) baik di pusat maupun daerah, yang masih aktif melakukan kegiatan organisasi," ujar Burhanuddin.

    (Baca: Polisi: Deklarasi 'FPI' Baru Harus Sesuai Aturan)

    Sebelumnya, pemerintah melarang semua kegiatan FPI. Pemerintah tak segan menghentikan semua aktivitas yang dilakukan sekelompok anggota FPI.

    "Karena tidak punya lagi legal standing," tegas Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu, 30 Desember 2020.

    Mahfud menegaskan FPI secara de jure telah bubar sebagai organisasi masyarakat sejak 21 Juni 2019. Tetapi, sebagai organisasi, FPI tetap beraktivitas yang melanggar ketentuan hukum, seperti sweeping dan provokasi.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id