Pesan Refly Harun untuk Siapapun yang 'Membekingi' Abu Janda

    Adri Prima - 28 Januari 2021 17:41 WIB
    Pesan Refly Harun untuk Siapapun yang 'Membekingi' Abu Janda
    Pakar hukum tata negara sekaligus YouTuber Refly Harun. MI/Rommy Pujianto.



    Jakarta: Pakar hukum dan tata negara Refly Harun ikut berkomentar dalam kisruh sosial media yang disebabkan pernyataan serta cuitan-cuitan kontroversial Abu Janda alias Permadi Arya. 

    Dalam saluran Youtubenya, Refly sepakat kalau Abu Janda memang sosok yang kontroversial, bahkan beberapa ujarannya dianggap penghinaan ataupun ujaran kebencian. 




    “Ini banyak sekali mereka yang akan berkeberatan terhadap Abu Janda karena sosok ini kontroversial, bahkan beberapa ujarannya dianggap penghinaan,” ujar Refly Harun dikutip dari kanal Youtubenya Kamis, 28 Januari 2021.

    Lebih lanjut, Refly juga mengomentari soal kenapa sosok Abu Janda ini begitu licin dan terkesan tak pernah tersentuh hukum meski sudah sering dilaporkan. 

    Menurut Refly, jika memang ada orang berpengaruh di belakang Abu Janda, ia berpesan seharusnya yang dibina adalah orang-orang yang kritis, bukan yang suka menghina. 

    “Siapapun (beking) barangkali kalau memang ada orang di belakang Abu Janda, ya tolong diajarkan bahwa Anda boleh membina orang-orang kritis. Tetapi, bukan membina orang-orang yang suka menghina,” ungkap Refly Harun. 

    Sementara itu, tagar #TangkapAbuJanda masih menjadi trending di twitter. Hal ini dikarenakan kekesalan masyarakat terhadap Abu Janda yang lebih sering melecehkan Islam dan umat muslim lewat konten-kontennya di media sosial. 

    Paling anyar, Abu Janda menyebutkan kalau Islam merupakan agama pendatang yang arogan. "Islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dan lain-lain. dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalau tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal," cuitnya lewat akun @permadiaktivis1.

    (ACF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id