Pimpinan Baru KPK Diharapkan Bersinergi dengan DPR

    Whisnu Mardiansyah - 09 September 2019 15:14 WIB
    Pimpinan Baru KPK Diharapkan Bersinergi dengan DPR
    Ilustrasi KPK. Foto: MI
    Jakarta: Hubungan kurang selaras antara DPR dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi perhatian anggota Komisi III Masinton Pasaribu. Ia ingin panitia seleksi (pansel) calon pimpinan KPK bisa memastikan 10 nama yang lolos memiliki integritas, kredibilitas, dan kapabilitas. 

    Masinton tak ingin pimpinan KPK ke depan seperti pimpinan KPK saat ini. Politikus PDI Perjuangan itu menilai Agus Rahardjo cs tidak memahami hubungan dan fungsi antarlembaga penyelenggara negara. 

    "Tidak boleh ada satu institusi negara di Republik ini yang bekerja menggunakan dasar undang-undangnya negara, dibiayai negara kemudian menantang keputusan politik negara," ucap Masinton dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan pansel capim KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2019.

    Agus Rahardjo cs dianggap kerap mengabaikan keputusan pemerintah. Beberapa di antaranya, menolak Pansus Hak Angket dan rekomendasinya serta menolak revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

    Masinton menyebut cara berpikir seperti itu mencerminkan tindakan anarkistis. Dia menyebut pimpinan KPK saat ini tak patuh atau tak mau mengikuti sistem yang telah dibuat pemerintah.

    "Jangan sampai kami memilih KPK yang model dan cara berpiikirnya anarko. Anarko itu antisistem. Anarkis itu perbuatannya. Cara berpikirnya antisistem," kata Masinton.

    Ia menegaskan pimpinan KPK terpilih di periode berikutnya tidak bisa lagi menentang keputusan negara. KPK sama dengan lembaga lainnya harus melaksanakan undang-undang. 

    "Bisa dibayangkan kalau semua institusi negara pelaksana undang-undang menantang keputusan negara, menantang rencana maupun keputusan politik negara, baik DPR maupun Presiden. Nah jangan sampai kesusupan yang seperti ini," tegas dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id