Nurul Ghufron Legawa Digugat ke PTUN

    Candra Yuri Nuralam - 11 Maret 2020 12:31 WIB
    Nurul Ghufron Legawa Digugat ke PTUN
    Wakil Ketua KPK Nurul Guhfron. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) legawa jika dilaporkan Tim Advokasi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Dia menilai menggugat merupakan hak masyarakat Indonesia.

    "Ya enggak apa-apa (dilaporkan), setiap warga yang merasa memiliki legal standing, saya hormati untuk melakukan upaya hukum," kata Ghufron saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu 11 Maret 2020.

    Ghufron tidak marah meski umurnya digugat kelompok peduli hukum tersebut. Dia justru menganggap laporan itu bentuk kepedulian masyarakat kepada KPK.

    "Ya saya alhamdulillah, terima atas gugatan itu, dan bersyukur. Artinya, kedewasan hukum kita sudah bagus karena sadar setiap warga berhak mengajukan gugatan," ujar Ghufron.

    Baca: KPK Pasrah Masyarakat Tuntut Nurul Ghufron

    Ghufron enggan mengomentari tudingan umurnya tidak layak menjadi pimpinan. Hanya peradilan yang dapat menentukan benar tidaknya dugaan itu. Dia pun tak ambil pusing jika surat keputusan (SK) pengangkatannya dibatalkan

    "Kalau nanti dinyatakan batal ya berhenti, itu saja ya," tutur Ghufron.

    Pegiat antikorupsi yang tergabung dalam Tim Advokasi UU KPK berencana melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) menyoal Keputusan Presiden (Keppres) tentang pelantikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron. Mereka mempermasalahkan umur Ghufron yang baru 45 tahun saat dilantik.

    Mereka berpendapat pelantikan Nurul Ghufron bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 atau UU KPK hasil revisi. Dalam undang-undang itu seharusnya pimpinan KPK berusia minimal 50 tahun.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id