MA Jamin Keterwakilan Perempuan

    Dheri Agriesta - 08 Maret 2019 14:32 WIB
    MA Jamin Keterwakilan Perempuan
    Ketua Kamar Pembinaan MA Takdir Rahmadi (batik coklat) di Media Center MA, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2019. Medcom.id/Dheri Agriesta.
    Jakarta: Mahkamah Agung memiliki 49 hakim agung. Dari jumlah itu, hanya empat hakim agung perempuan.
     
    Angka itu dinilai tak memenuhi keterwakilan perempuan. Namun, Ketua Kamar Pembinaan Takdir Rahmadi menyebut pimpinan MA khawatir meminta hakim agung perempuan kepada Komisi Yudisial.
     
    Pimpinan MA, kata Takdir, tak ingin permintaan itu dijadikan isu politik bagi beberapa kalangan. Namun, Takdir menjamin proses mutasi di lingkungan Mahkamah Agung selalu memerhatikan kesetaraan gender.
     
    "Ketika proses promosi dan mutasi itu ada perwakilan dari hakim agung perempuan walau dia bukan pimpinan," kata Takdir di Media Center Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2019.
     
    Kehadiran hakim agung perempuan itu memastikan penilaian promosi dan mutasi jabatan tetap berimbang. "Jangan sampai karena semua (yang nilai) laki-laki, yang terpilih laki-laki saja," kata dia.

    Baca: Presiden Sebut Keberhasilan MA Jadi Kunci Kemajuan Indonesia

    Takdir menyebut MA pernah punya sosok perempuan yang tangguh. Di adalah Mariana Sutadi Nasution yang menjabat sebagai Wakil Ketua MA bidang Yudisial dari 2004-2008. "Sosok yang sangat tangguh," kata Takdir.
     
    Takdir menyebut ada banyak sosok perempuan yang lebih pintar dibandingkan laki-laki. Namun, mereka tak mendapat kesempatan yang sama karena faktor budaya patriarki di Indonesia.
     
    "Apakah kita mau proses alami atau sedikit keberpihakan (terhadap perempuan) mendorong sesuatu yang lebih cepat larinya, kalau kita menyuarakan (hakim agung perempuan) tidak enak juga," jelas Ketua Pokja Perempuan dan Anak Mahkamah Agung itu.



    (FZN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id