comscore

KPK: Partai Politik Harus Punya Komitmen Berantas Korupsi

Candra Yuri Nuralam - 13 April 2022 06:00 WIB
KPK: Partai Politik Harus Punya Komitmen Berantas Korupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai peningkatan integritas terhadap elite partai politik diperlukan di Indonesia. Yaitu, dengan ikut serta memberantas korupsi di Indonesia.

"Partai politik berperan menghasilkan para pemimpin negeri ini. Partai politik juga sebagai wujud dari perwakilan suara rakyat, melahirkan wakil rakyat, dan menghasilkan seluruh regulasi dan produk hukum di Indonesia," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Jakarta, Rabu, 13 April 2022.
Baca: Cegah Korupsi, KPK Bakal Undang Ketum Sampai Bendahara Parpol

KPK berencana menggelar program politik cerdas berintegritas kepada elite partai di Indonesia. Program itu bakal menguatkan integritas dalam tata cara penentuan, pemilihan, serta pengusungan calon yang berkaitan dengan aktivitas partai politik.

KPK ingin menciptakan sistem yang membuat kegiatan partai politik berlangsung secara transparan dan akuntabel. Dengan begitu, KPK meyakini tindakan korupsi dalam kegiatan partai politik bakal hilang.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Pendidikan dan Peran serta Masyarakat Wawan Wardiana mengharapkan program ini mendapatkan dukungan baik dari masyarakat. Dia juga berharap program ini bisa menjadi terobosan pemberantasan korupsi dari sisi partai politik.

"Harapannya tentu program ini akan menjadi budaya antikorupsi di dalam partai-partai politik. Kami akan memberikan sosialisasi dan banyak materi antikorupsi yang dirangkum dalam 21 paket kegiatan," ujar Wawan.

 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id