Bom Lontong Milik Teroris MIT Poso yang Tewas Tertembak Berdaya Ledak Tinggi

    Siti Yona Hukmana - 24 Juli 2021 16:18 WIB
    Bom Lontong Milik Teroris MIT Poso yang Tewas Tertembak Berdaya Ledak Tinggi
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Polisi menyita barang bukti berupa bom lontong dari B alias AA, teroris kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang tewas tertembak pada Sabtu, 17 Juli 2021. Bom lontong itu disebut berbahaya.

    "Bom lontong milik terduga teroris B Alias AA berdaya ledak tinggi," kata Wakasatgas Humas Operasi Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya AKBP Bronto Budiyono dalam keterangan tertulis, Sabtu, 24 Juli 2021.

     



    Bronto menuturkan sebelumnya Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung dengan Satgas Madago Raya menguji kekuatan bahan peledak yang ditemukan dalam kandungan bom lontong tersebut. Pengujian dilakukan di Markas Komando (Mako) Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Sulteng, Landangan, Poso, Sabtu, 24 Juli 2021.

    Bahan-bahan yang terkandung di dalam bom lontong diurai Gegana dan diperiksa Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. Ditemukan beberapa unsur bahan peledak dan material di dalam bom lontong tersebut.

    "Unsur bahan peledak dan material di dalam bom lontong itu berupa detonator, serbuk warna coklat yang diduga bahan peledak, 29 biji paku panjang 4 cm kondisi berkarat, 60 butir gotri serta lakban," kata Bronto.

    Detasemen Gegana Satbrimobda Polda Sulteng dan Puslabfor langsung menguji coba dengan meledakkan kandungan serbuk coklat yang terdapat dalam bom lontong. Ini dilakukan untuk mengetahui daya ledak bom.

    "Hasilnya serbuk yang ditemukan dalam bom lontong adalah bahan peledak dengan jenis high eksplosive atau berdaya ledak tinggi, di mana dalam radius 30 meter apabila paku atau gotri tersebut mengenai orang bisa mematikan dan radius 50 meter dapat melukai orang," kata Bronto.

    Baca: Kekuatan MIT Poso Makin Lemah

    Daya ledak bom itu perlu diketahui Satgas Madago Raya untuk melakukan langkah-langkah penyelidikan atau penyidikan. Guna penegakan hukum terhadap tindak pidana terorisme.

    Teroris B alias AA ditembak mati saat kontak tembak pukul 11.30 Wita, Sabtu, 17 Juli 2021. Kontak tembak terjadi di Desa Tanah Lanto, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Sulteng.

    Jenazah B alias AA dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu sekitar pukul 18.30 WIB. Tim Disaster Victim Identification (DVI) dan Indonesia Automatic Fingerprint System (Inafis) Polda Sulteng langsung mengautopsi, mengidentifikasi dan mengambil sampel DNA jenazah teroris tersebut.

    Jenazah teroris itu dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Poboya, Palu pada Sabtu malam, 17 Juli 2021. Satgas Madago Raya masih memburu enam teroris MIT Poso lainnya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id