Mayoritas Pelapor Jaga Bansos Mengeluh Belum Terima Bantuan

    Fachri Audhia Hafiez - 06 Juli 2020 17:18 WIB
    Mayoritas Pelapor Jaga Bansos Mengeluh Belum Terima Bantuan
    Ilustrasi bansos. Antara/Oky Lukmansyah
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima 621 pengaduan dari aplikasi Jaringan Pencegahan Korupsi (Jaga) Bantuan Sosial (Bansos). Mayoritas melaporkan belum menerima bansos meski sudah mendaftar.

    "Keluhan yang paling banyak disampaikan adalah pelapor tidak menerima bantuan, padahal sudah mendaftar yaitu (sebanyak) 268 laporan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang pencegahan Ipi Maryati di Jakarta, Senin, 6 Juli 2020.

    Sebanyak 66 laporan berupa tak dibagikannya bantuan oleh aparat kepada penerima. Kemudian, bantuan dana yang diterima jumlahnya tidak sesuai tercatat 47 laporan.

    KPK juga menerima 31 laporan nama di daftar bantuan tidak ada atau penerima fiktif dan mendapatkan bantuan lebih dari satu sebanyak tujuh laporan. "Bantuan yang diterima kualitasnya buruk enam laporan, seharusnya tidak menerima bantuan tetapi menerima bantuan lima laporan, dan beragam topik lainnya total 191 laporan," beber Ipi.


    Baca: Ombudsman Terima 1.330 Keluhan Masyarakat Soal Penyaluran Bansos

    Ipi menerangkan laporan tersebut ditujukan kepada 205 pemerintah daerah, yang terdiri atas 14 pemerintah provinsi dan 191 pemerintah kabupaten/kota. Instansi yang paling banyak menerima keluhan adalah Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur.

    Pemerintah Kota Surabaya dilaporkan 24 kali. Disusul Pemerintah Provinsi Jawa Barat berjumlah 17 laporan, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Bogor, dan Pemerintah Kabupaten Subang masing-masing 16 laporan.

    Sebanyak 224 keluhan telah selesai ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah terkait. "Selebihnya masih dalam proses diteruskan ke pemda dan verifikasi kelengkapan informasi dari pelapor," ujar Ipi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id