Lima Saksi Diperiksa untuk Bongkar Korupsi Eks Dirut PT DI

    Fachri Audhia Hafiez - 09 September 2020 10:10 WIB
    Lima Saksi Diperiksa untuk Bongkar Korupsi Eks Dirut PT DI
    Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). MI
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan lima saksi terkait kasus dugaan korupsi yang menjerat mantan Direktur Utama (Dirut) PT Dirgantara Indonesia (DI) Budi Santoso. Saksi yang dipanggil penyidik KPK berasal dari berbagai unsur.

    "Lima saksi diperiksa untuk tersangka BS (Budi Santoso)," kata pelaksana tugas (plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu, 9 September 2020.

    Lima saksi tersebut salah satunya pensiunan TNI Angkatan Darat (AD) Aris Supangkat. Aris pernah diperiksa pada Kamis, 27 Agustus 2020. Dia dikonfirmasi soal uang pembayaran kembali (kickback) yang diduga dinikmati beberapa pihak.

    Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Dewan Ketahanan Nasional Mahanan Simorangkir dipanggil untuk kasus yang sama. Penyidik juga memeriksa keterangan Komisaris PT Surya Daya Pratama Mochamad Cholid Ashibli, Komisaris Utama PT Asabri Ismono Wijayanto, dan Komisaris PT Quartagraha Adikarsa Susinto Entong.

    Baca: Penahanan Eks Dirut PT DI Diperpanjang

    Kelima saksi bakal menyampaikan keterangan untuk memperdalam penyidikan kasus rasuah yang menjerat Budi. Penyidik berupaya melengkapi berkas perkara agar Budi dapat dibawa ke persidangan.

    KPK fokus mendalami aliran dana korupsi di PT DI. Lembaga Antikorupsi mengurutkan aliran dana hasil rasuah yang berlangsung selama sepuluh tahun.

    KPK menahan Budi Santoso dan mantan Direktur Niaga PT DI Irzal Rinaldi Zailani. Penahanan setelah keduanya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan kegiatan penjualan dan pemasaran di PT Dirgantara Indonesia pada 2007-2017.

    (SUR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id