Listyo Sigit Diminta Hilangkan Pidana 'Kasus Receh'

    Candra Yuri Nuralam - 24 Januari 2021 10:57 WIB
    Listyo Sigit Diminta Hilangkan Pidana 'Kasus Receh'
    Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dalam acara Chrosscheck by Medcom.id dengan tema Listyo, Kapolri Non Muslim Pemersatu Ulama, Minggu, 24 Januari 2021.
    Jakarta: Pengurusan perkara 'kasus receh' diminta tidak lagi di era kepemimpinan Kapolri terpilih, Komjen Listyo Sigit Prabowo. Tak boleh ada lagi warga dipenjara karena kasus mencuri satu biji coklat.

    "Jangan ada masalah sedikit, masuk dilaporin. Nenek-nenek cuma nyuri satu coklat, ini langsung viral dan sebagainya," kata Ketua Harian Kompolnas Benny Mamoto dalam acara Chrosscheck by Medcom.id dengan tema Listyo, Kapolri Non Muslim Pemersatu Ulama, Minggu, 24 Januari 2021.

    Benny yakin program Listyo baik untuk penanganan perkara ke depan. Pasalnya, kata dia, Listyo menyusun program kerja dengan menyerap harapan dan aspirasi masyarakat.

    Baca: Kompolnas Dukung Komjen Listyo Hapus Tilang di Jalan Raya

    Dia yakin hukum tak tebang pilih di zaman kepemimpinan Lisyo. Rekam jejak penanganan kasus yang dilakukan Listyo pun dinilai jauh dari penanganan kasus receh.

    "Sebagai contoh, saya melihat secara tegas disampaikan pemimpin yang melayani anggota, pemimpin yang melayani masyarakat," ujar Benny.

    Listyo juga diharap bisa membuat polisi tidak main tangkap dalam penanganan perkara. Pendekatan dan edukasi hukum diharap diutamakan sebelum melakukan penangkapan.

    "Perlu kita lihat bersama melihat kondisi masyarakat sekarang makan orientasinya, pendekatannya, restoratif justice, ini penting," tutur Benny.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id