Polri: Penurunan Pamflet Digital Kewenangan Kominfo

    Siti Yona Hukmana - 25 November 2020 08:58 WIB
    Polri: Penurunan Pamflet Digital Kewenangan Kominfo
    Ilustrasi internet dan dunia maya. Medcom.id/M Rizal
    Jakarta: TNI terlibat dalam penurunan baliho pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di DKI Jakarta karena dinilai ilegal dan provokatif. Peran Tim Siber Bareskrim Polri terkait penindakan pamflet digital bernada provokatif di dunia maya dipertanyakan.

    Karo Penmas Divisi Humas Polro Brigjen Awi Setiyono menyatakan Tim Siber Bareskrim Polri terus berpatroli untuk memantau pelanggaran hukum di dunia maya. Namun, Polri tak memiliki kewenangan menindak konten digital di internet.

    "Jadi, yang memiliki hak untuk eksekusi (penurunan) ialah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)," kata Awi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

    Tim Siber Bareskrim akan menginformasikan pelanggaran yang ditemukan di dunia maya ke Kominfo. Lalu, Polri akan menelusuri pemilik akun atau pamflet untuk meminta klarifikasi.

    "Mau di Facebook, Instagram, YouTube, dan lain-lain. Polri akan berkoordinasi kepada perusahaan (pembuat pamflet) tersebut," ujar Awi.

    Baca: Pangdam Jaya: Bukan Baliho Milik Rizieq Saja yang Diturunkan

    Aparat keamanan gencar terlibat menertibkan baliho. Khususnya TNI yang telah mencopot 900 baliho bergambar Rizieq Shihab.

    Baliho Rizieq diturunkan karena lokasi pemasangan tidak pada tempatnya dan melanggar ketertiban umum. TNI juga menurunkan spanduk dan poster ilegal. Penertiban baliho telah dilakukan sejak dua bulan terakhir.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id