comscore

Pasangan Polisi Gelapkan Dana PNBP Rp3 Miliar untuk Investasi Paypal

Mustholih - 12 Mei 2022 20:23 WIB
Pasangan Polisi Gelapkan Dana PNBP Rp3 Miliar untuk Investasi Paypal
ilustrasi/Medcom.id
Semarang: Anggota Kepolisian Resort Blora, Bripka Etana Fany Jatnika dan Briptu Eka Mariyani, diduga melakukan korupsi dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp3 miliar. Pasangan suami istri itu diduga menggunakan dana PNBP untuk investasi online Paypal.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah Komisaris Besar M Iqbal Alqudusy mengatakan penyidikan Etana dan Eka sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Blora.
"Penyidikan sudah P-21, sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri setempat," kata Iqbal, Semarang, Jateng, Kamis, 12 Mei 2022.

Iqbal menegaskan Polda Jawa Tengah tidak akan menutup-nutupi penyidikan kasus Etana dan Eka.

"Kapolda Jateng selalu berkomitmen akan menindak tegas anggota yang melakukan pelanggaran, terlebih pelanggaran yang merugikan masyarakat serta keuangan negara," tegas Iqbal.

Menurut Iqbal, Polda Jateng baru akan memeriksa pelanggaran disiplin dan kode etik Etana dan Eka setelah kasus mereka memiliki kekuatan hukum tetap. Iqbal menyatakan putusan inkrah dari Pengadilan akan menjadi dasar Propam Polri memproses pemeriksaan pelanggaran disiplin dan kode etik mereka.

Baca: Kasus Korupsi CPO, 3 Analis Perdagangan Kemendag Diperiksa Kejagung

"Apabila terbukti bersalah, Ke duanya dapat dijerat dengan pasal pelanggaran disiplin dan kode etik sehingga bisa disidangkan melalui proses sidang kode etik maupun sidang disiplin," jelas Iqbal.

Etana dan Eka diduga menyelewengkan dana PNBP sebesar Rp3 miliar selama periode Juli hingga Desember 2021. Penyelewengan mereka terendus setelah mereka menyetorkan dana PNBP sebesar Rp14 miliar. Padahal, dalam setahun seharusnya dana masuk ke PNBP sebesar Rp17 miliar.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id