comscore

Pimpinan Ponpes Garut Sebut Ceramah Bahar Smith Meresahkan

P Aditya Prakasa - 17 Mei 2022 18:09 WIB
Pimpinan Ponpes Garut Sebut Ceramah Bahar Smith Meresahkan
Sejumlah saksi menjalani pemeriksaan kasus dugaan penyebarang berita bohong oleh Bahar bin Smith di Pengadilan Negeri Bandung
Bandung: Pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa Kabupaten Garut, Faisal Sobari, menjadi saksi dalam persidangan kasus dugaan penyebaran berita bohong dengan terdakwa Bahar bin Smith di Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Dalam keterangannya, Faisal menilai ceramah Bahar bermuatan provokasi dan meresahkan.

Ketua Majelis Hakim PN Bandung, Dodong Rusdani menanyai Faisal Sobari terkait ceramah Bahar bin Smith dalam acara tablig akbar Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Faisal menjawab menyaksikan ceramah tersebut di video yang telah diunggah di Youtube.
"Yang berceramah waktu itu saudara Bahar Smith, Habib Bahar Smith," ucap Faisal, Selasa, 17 Mei 2022.

Faisal mengatakan, ceramah yang disampaikam tidak memberikan kesan damai.

"Yang saya lihat setelah menonton konten YouTube tersebut, penceramah itu (Bahat Smith) beda perkataan dengan penceramah yang lainnya. Biasanya penceramah dengan kata-kata seolah damai, tidak seperti yang diutarakan di video tersebut," kata Faisal.

Baca juga: Penjual Kopi jadi Saksi Kasus Berita Bohong Bahar Smith

Menurut sepengetahuannya, Habib Rizieq ditangkap karena telah melanggar protokol kesehatan dengan berkerumun. Setelah menonton konten Youtube itu, Faisal mengatakan, bahwa ada sejumlah jemaah di pondok pesantrennya yang merasa tidak nyaman atau resah dengan perkataan Bahar.

"Setelah mengamati dan menyikapi setelah menonton videonya tersebut mereka ngobrol dan mereka merasa tidak nyaman ketika menonton video tersebut," kata Faisal.

Faisal saat itu segera mendatangi MUI Kabupaten Garut untuk melakukan koordinasi terkait dengan ceramah Bahar. Dia bertemu dengan Ketua MUI Kabupaten Garut, Sirojul Munir. Menurut dia, MUI sempat melakukan kajian terlebih dahulu kemudian membenarkan jika ceramah Bahar dinilai meresahkan.

Sementara itu, kuasa hukum Bahar bertanya lebih lanjut soal jawaban dari MUI Kabupaten Garut berbentuk fatwa atau bukan. Faisal sempat menjawab jawaban dari MUI itu berbentuk fatwa tapi tak dapat memperlihatkannya di persidangan. Jaksa kemudian menimpali dan berjanji bakal memperlihatkan fatwa itu di persidangan lanjutan.

"Memang ini harus diselesaikan atau diterangkan. Kalau dia menyatakan fatwa maka kami meminta untuk menghadirkan fatwa tersebut," ucap salah seorang kuasa hukum Bahar Smith.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id