comscore

BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Jawa Timur Hingga 6 Juli

MetroTV - 05 Juli 2022 20:53 WIB
BMKG: Waspada Cuaca Buruk di Jawa Timur Hingga 6 Juli
Cuaca buruk ini merata dari wilayah Jawa Timur utara hingga selatan. Metro TV
Surabaya: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Juanda memprediksi Jawa Timur dilanda hujan disertai petir serta angin kencang pada 4-6 Juli 2022. Cuaca buruk ini merata dari wilayah utara hingga selatan. 

“Untuk wilayah utara, ada Tuban dan Lamongan,” kata prakirawan BMKG Juanda, Jawa Timur, Ary Pulung, dalam tayangan Headline News di Metro TV, Selasa, 5 Juli 2022. 
Di wilayah Jawa Timur bagian selatan, hujan diperkirakan menerjang Malang dan Kota Batu. Hujan juga diprediksi turun di Bondowoso dan Banyuwangi.

Ary mengatakan cuaca tahun ini sedikit berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hujan diperkirakan turun hingga Agustus 2022 akibat dampak La Nina. 

Beruntung, cuaca buruk ini tak menyebabkan kerusakan parah. Angin kencang hanya mengakibatkan pohon tumbang di wilayah Malang. Sementara di Bojonegoro, angin kencang  mengabitkan kerusakan kawasan pertanian. 

BMKG Stasiun Meteorologi Tanjung Perak mengimbau masyarakat di pesisir mewaspadai gelombang tinggi di perairan Jawa. Gelombang tinggi diprediksi mencapai 1,8 meter di Kepulauan Kangean. Sementara itu, gelombang di laut selatan Jawa diprediksi mencapai 2,5-4 meter. 

BMKG juga meminta masyarakat mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi. Warga diimbau mengurangi aktivitas di luar rumah hingga 6 Juli 2022. (Vania Augustine Dilia)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id