comscore

Penjual Sosis Keliling Wujudkan Impian Menuju Tanah Suci

Clicks.id - 26 Juni 2022 10:03 WIB
Penjual Sosis Keliling Wujudkan Impian Menuju Tanah Suci
Rahmad dan istrinya Endah Suciwati/metrotv
Surabaya: Penjual sosis keliling di Surabaya, Rahmad Widayat mewujudkan impiannya berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Keterbatasan fisik dan ekonomi tak menghalangi niatnya menuju rumah Allah.

Ditemui di kawasan Rungkut Surabaya, Jawa Timur, Rahmad Widayat terlihat sibuk menyiapkan kebutuhan perlengkapan ibadah haji di dalam tas kopernya. Meski sepintas terlihat seperti orang normal, Rahmad ternyata mengalami gangguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder. Suatu kondisi mental yang ditandai dengan suasana hati, perilaku dan hubungan yang tidak stabil.
Namun, berkat tekad yang kuat disertai kerja keras, Rahmad yang berusia 41 tahun ini mampu mewujudkan mimpinya untuk menunaikan ibadah haji yang ia inginkan sejak 2011 silam. Rahmad sedianya berangkat haji pada 2020 lalu bersama istrinya, Endah Suciati.  Namun, karena pandemi keberangkatan haji selama dua tahun dibatalkan.  

"Tahun ini karena keterbatasan kuota, saya harus berangkat haji terpisah dari istri  yang baru bisa berangkat tahun depan, " ujar Rahmad.  

Baca: Gubernur Sumsel Lepas Keberangkatan 445 Jemaah Calon Haji Kloter Pertama

Untuk bisa menunaikan ibadah haji, Rahmad setiap hari berjualan sosis solo keliling ke rumah-rumah warga dengan berjalan kaki.  Uang hasil jualan sosis solo ditabung hingga terkumpul dan digunakan untuk membayar biaya haji.

"Saya tabung sedikit demi sedikit hasil jualan sosis, selain itu juga cuci mobil, nyapu halaman. Akhirnya terkumpul dan bisa melunasi biaya haji, " ceritanya.

Tidak mudah bagi Rahmad untuk bisa menunaikan ibadah haji, selain hanya seorang pedagang sosis keliling, ia juga mengalami ketidakmampuan menjalankan salat, menghafal, hingga melafalkan bacaan-bacaan saat menunaikan ibadah haji.

Namun dengan kesabaran sang istri, Endah Suciati yang ia nikahi sejak 2011, mengajarkannya cara salat hingga cara melafalkan bacaan-bacaan untuk ibadah haji.

"Niatnya sudah kuat, pelan-pelan saya ajari bacaan sholat dan bacaan ibadah haji, " cerita Endah Suciati.

Meski sempat khawatir karena tidak ada pendamping selama menunaikan ibadah haji, pihak keluarga tetap pasrah dan yakin Rahmad bisa menjalankan serangkaian ibadah haji. Rahmad akan bergabung dengan kelompok terbang atau kloter 37 asal Surabaya, yang dijadwalkan masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya pada 30 Juni 2022 dan berangkat ke Tanah Suci pada 1 Juli 2022.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id