Jembatan Musi VI Palembang Ditargetkan Beroperasi Akhir Desember

    Gonti Hadi Wibowo - 19 November 2020 12:32 WIB
    Jembatan Musi VI Palembang Ditargetkan Beroperasi Akhir Desember
    Jembatan Musi VI Palembang. Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
    Palembang: Pembangunan jembatan Musi VI yang menghubungkan kawasan Ulu dan Ilir Kota Palembang ditargetkan beroperasional akhir Desember 2020 mendatang. Saat ini jembatan sepanjang 925 meter itu hampir rampung dan hanya menunggu uji beban yang akan dilakukan Direktur Jenderal Bina Marga.

    "Kami sudah melayangkan surat kepada Direktur Jenderal Bina Marga untuk segera melakukan uji beban jembatan dengan truk bertonase besar yang akan dijejerkan di badan tengah jembatan. Itu bertujuan untuk memastikan jembatan siap dilalui kendaraan sebelum resmi beroperasi," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Musi VI, Aria Darmawan, Kamis 19 November 2020.

    Aria mengatakan saat ini progres pembangunan jembatan Musi VI sudah mencapai 93 persen. Sedangkan untuk proses pembangunan sisa penyelesaian seperti pembuatan pagar, tembok penahan dan beberapa bagian masih perlu waktu penyelesaiannya.

    Baca: Polda Jabar Bakal Periksa Bupati Bogor Terkait Kerumunan Acara Rizieq

    Aria menjelaskan, pihaknya juga telah menutup sementara waktu jalan Sultan Mansyur yang terletak di kawasan Tangga Buntung Palembang sejak beberapa waktu lalu untuk proses penyelesaian frontage di dua sisi jembatan di kawasan ilir.

    "Penutupan ruas jalan ini juga mempertimbangkan keselamatan para pengendara mengingat banyaknya peralatan konstruksi yang ada di sekitar lokasi," jelasnya. 

    Menurutnya, jika jembatan Musi VI bisa segera beroperasi akan dapat memecah kemacetan yang biasanya menumpuk di Jembatan Ampera.

    "Kalau sudah beroperasi tentunya jadi alternatif memecah kemacetan bagi masyarakat yang ingin menyeberang baik dari kawasan seberang Ulu maupun Ilir. Masyarakat bisa melintas dari jembatan Ampera, Musi 2, Musi IV, dan Musi VI,"  katanya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id