Dinkes Jateng Minta Pasien Covid-19 Gejala Berat Dirawat di RS Lini Dua

    Mustholih - 27 Januari 2021 20:29 WIB
    Dinkes Jateng Minta Pasien Covid-19 Gejala Berat Dirawat di RS Lini Dua
    ilustrasi Medcom.id


    Semarang: Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, meminta pasien covid-19 dengan gejala berat dirawat di rumah sakit lini dua. Hal ini untuk mengurangi tingkat hunian pada rumah sakit lini satu oleh pasien covid-19.

    "Kita maklum karena (mereka) ingin mendapatkan perawatan paling tinggi, semua ingin dirawat di lini satu. Padahal tidak harus dirawat di lini satu. Gejala berat di lini dua," kata Yulianto, di Semarang, Jateng, Rabu, 27 Januari 2021.


    Baca: KLHK Siapkan 4 Pendekatan Atasi Berulangnya Banjir Kalsel

    Yulianto menjelaskan rumah sakit lini satu seharusnya ditujukan bagi pasien covid-19 dengan kategori kritis. Namun sejauh ini rumah sakit lini satu justru dipenuhi oleh pasien kategori sedang yang seharusnya masih bisa dirawat di rumah sakit lini tiga.

    "Saya ingin menghimbau jangan sampai rumah sakit lini satu dipenuhi pasien bergejala sedang. Yang bergejala sedang cukup di rumah sakit lini tiga. Yang kritis, membutuhkan ICU, perawatannya baru ke rumah sakit lini satu," jelas Yulianto.

    Yulianto mengungkap rumah sakit lini satu merupakan rumah sakit tipe A dan B yang biasanya berada di kota-kota besar. Sedangkan rumah sakit lini dua merupakan Rumah Sakit Umum Daerah yang dikelola Pemerintah Kabupaten atau Kota. Adapun rumah sakit lini tiga merupakan rumah sakit kecil swasta yang berada di kabupaten dan kota.

    Menurutnya pasien-pasien covid-19 cenderung memilih dirawat di rumah sakit lini satu hingga membuat tingkat huniannya lebih tinggi dari rumah sakit lini dua dan lini tiga. Namun Yulianto menegaskan secara umum, rumah sakit-rumah sakit di Jateng masih sanggup menampung pasien covid-19.

    "Tempat tidur isolasi kita terpakai masih 62 persen dan ICU 57 persen. Jadi cukup bagus, karena di bawah 70 persen," ujar Yulianto.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id