133 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang

    Rizky Dewantara - 03 November 2020 07:48 WIB
    133 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang
    Petugas Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor sedang menebang ranting pohon di Jalan Ahmad Yani Bogor, Jawa Barat.
    Bogor: Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor telah mengidentifikasi kondisi ratusan pohon di Kota Bogor, Jawa Barat. Tercatat, ada 133 pohon berstatus merah atau rawan tumbang yang masuk dalam program Kartu Tanda Pohon (KTP).

    "Pohon di Kota Bogor ada 666, yang ber-KTP hijau 60 persen, 30 persen kuning dan 20 persen merah. Jadi ada 133 pohon yang berstatus merah dan kami akan menindaklanjuti dengan menebangnya," ujar Kepala Bidang Pertamanan dan PJU Disperumkim Kota Bogor, Febi Darmawan kepada medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 3 November 2020.

    Ia menambahkan, secara keseluruhan Kota Bogor memiliki sekitar 14 ribu pohon. Namun baru 666 pohon yang sudah diperiksa dan teridentifikasi kesehatannya. Pihaknya akan mengidentifikasi 150 pohon yang belum ber-KTP pada 2020.

    "Artinya implementasi di lapangan kami sudah mengambil tindakan dengan memangkas pohon ber KTP merah. Sisanya masih dalam penjadwalan untuk di eksekusi," terangnya.

    Baca: Pohon Tumbang di Bogor, 4 Orang Luka-luka

    Febi memerinci, untuk kawasan pohon di Kota Bogor yang ber-KTP merah ada di empat kecamatan. Yakni Kecamatan Bogor Selatan di Kelurahan Lawang Gintung dan Batu Tulis.

    Kemudian, di Kecamatan Tanahsareal yakni di Jalan Ahmad Yani. Sementara di Kecamatan Bogor Tengah dan Utara, ada di Jalan Padjadjaran.

    "Jadi kami imbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat melintas kawasan yang terdapat pohon-pohon besar saat hujan dan juga angin kencang," kata Febi.

    Masih kata dia, sejumlah pohon yang kropos terjadi akibat terserang hama, serta akibat ulah tangan manusia. Pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap menjaga pohon demi keselamatan bersama, baik itu pohon kecil maupun yang besar.

    "Jangan ada lagi warga yang membakar sampah dibawah pohon dan memaku atau menyakiti pohon," tambahnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id