Pemkab Lamongan Izinkan Salat Idulfitri

    M Yakub - 11 Mei 2021 21:06 WIB
    Pemkab Lamongan Izinkan Salat Idulfitri
    ilustrasi Medcom.id



    Lamongan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan, Jawa Timur, mengizinkan pelaksanaan salat Idulfitri dengan penerapan protokol kesehatan. Namun, takbir keliling tidak diperbolehkan.

    Ketentuan ini menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur Nomor 451/10180/012.1/2021 tentang Penyelenggaraan Salat Idulfitri Tahun 1442 Hijriah di saat pandemi Covid-19 di Jawa Timur. Sesuai aturan tersebut, masyarakat Lamongan diperbolehkan menggelar salat Idulfitri dengan  jemaah tidak boleh lebih dari 50 persen dari kapasitas maksimal. 

     



    "Takbir keliling ditiadakan dan dapat dilakukan secara terbatas di masjid atau musala," ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di Command Center Pemkab Lamongan, Selasa, 11 Mei 2021. 

    Yuhronur juga meminta dibentuknya kepanitiaan yang menyiapkan perangkat protokol kesehatan saat penyelenggaraan salat Id. Antara lain penggunaan thermogun, menyiapkan masker bagi jemaah yang tidak memakai masker, dan menyesuaikan durasi khotbah paling lama 10 menit.

    Ia menginstruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat secara luas.

    Baca: Warga Kota Malang Dilarang Takbir Keliling

    Yuhronur juga berharap Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama saat menjelang Idulfitri. Yakni dengan tetap mematuhi peraturan pemerintah untuk tidak mudik. 

    "Hal ini agar dijadikan contoh dan teladan bagi masyarakat Lamongan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga menghadapi libur Idulfitri minggu ini tidak terjadi kenaikan kasus covid-19 di Kabupaten Lamongan," ucap dia. 

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id