Pembatasan Operasional Pasar-Warung di Penajam Diperpanjang

    Antara - 13 Februari 2021 11:46 WIB
    Pembatasan Operasional Pasar-Warung di Penajam Diperpanjang
    Salah satu warung makan di Kabupaten Penajam Paser Utara. Antaranews/Novi Abdi-Bagus Purwa



    Penajam: Pembatasan operasional pasar tradisional dan warung atau rumah makan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, diperpanjang. Perpanjangan dilakukan sampai akhir Februari 2021 untuk menekan penyebaran covid-19.

    "Larangan operasional pasar tradisional dan warung atau rumah makan pada Sabtu dan Minggu diperpanjang," kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Kabupaten Penjam Paser Utara, Bustam, di Penajam, Sabtu, 13 Februari 2021.




    Baca: Pemprov Papua Minta Bupati Selalu Siaga di Daerahnya

    Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Penajam Paser Utara membatasi operasional pasar tradisional, warung atau rumah makan termasuk toko hanya Senin sampai Jumat.

    Bustam menjelaskan kebijakan tersebut ditetapkan berdasarkan rapat yang digelar Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

    Hari pasar di Kecamatan Penajam lanjut ia, disepakati dialihkan Senin dan Kamis, sementara Pasar Waru hari pasarnya digeser Selasa dan Kamis.

    "Untuk mengurangi penularan virus corona hari pasar Sabtu dan Minggu ditiadakan, dialihkan pada hari lainnya," jelasnya.

    Larangan operasional pasar tradisional, warung atau rumah makan dan toko tersebut menurut dia, juga berlaku saat hari libur atau tanggal merah.

    Sebagai pengawasan pembatasan operasional itu Pemerintah Kabupaten Penajam Paser utara telah menyiapkan tim untuk melakukan patroli.

    "Pemerintah kabupaten perketat pengawasan pembatasan operasional dengan patroli, timnya telah dibentuk dan akan berpatroli secara rutin," ungkap Bustam.

    Sementara sejumlah pedagang menilai kebijakan pembatasan operasional pada Sabtu dan Minggu termasuk tanggal merah cukup memberatkan.

    Para pedagang mengungkapkan selama masa pandemi covid-19 penjualan sehari-hari telah mengalami penurunan dari biasanya, apalagi kalau ada larangan operasional pada Sabtu dan Minggu, serta hari libur lainnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id