Kapolda Kalsel Wajibkan Penggunaan Batik Sasirangan

    Antara - 16 Oktober 2020 22:43 WIB
    Kapolda Kalsel Wajibkan Penggunaan Batik Sasirangan
    Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta melakukan kunjungan ke Kampung Sasirangan di Banjarmasin. (ANTARA/Firman)
    Banjarmasin: Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen Nico Afinta, memantau usaha kecil menengah (UKM) di Kampung Sasirangan Kelurahan Sei Jingah, Kota Banjarmasin. Nico bersama rombongan pejabat Polda Kalsel secara khusus melihat UKM batik khas Kalsel bernama Sasirangan dalam rangka pencanangan penggunaan pakaian Sasirangan bagi ASN Polri dan Polisi berseragam bebas.

    "Saya mendukung budaya lokal batik kain Sasirangan dengan cara menginstruksikan seluruh anggota khususnya personel Reserse dan Intel dari tingkat Polda, Polres/Ta, Polsek hingga Bhabinkamtibmas wajib setiap hari Jumat menggunakan Batik Sasirangan,” kata Nico di lokasi, Jumat, 16 Oktober 2020

    Nico menjelaskan dengan anggota menggunakan Batik Sasirangan,  keluarga dari para anggota juga tentu akan menggunakan pakaian serupa.

    Menurutnya banyak makna yang tersirat dalam setiap motif atau pola yang ada di Batik Sasirangan, seperti pola kehidupan dalam tanaman yang artinya setiap manusia bisa memberikan bantuan satu sama lain.

    Dia meminta setiap ada kunjungan ke daerah di Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin, warga harus diarahkan ke Kampung Sasirangan yang berada di Kelurahan Sei Jingah guna melestarikan budaya lokal Kalimantan Selatan tersebut.

    "Saya kira dengan kita bersama-sama antara Pemerintah Daerah, Polri dan TNI dalam memperhatikan budaya dan UKM tentunya ekonomi daerah akan meningkat dan berjalan dengan baik khususnya di situasi pandemi covid-19 saat ini," ungkapnya.

    Nico juga mendorong para Kapolsek dan Kapolres/Ta di Jajaran Polda Kalsel untuk lebih perhatian kepada budaya lokal serta meningkatkan kegiatan ekonomi lokal sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian secara keseluruhan.

    Kedepannya orang nomor satu di Polda Kalsel ini juga akan melihat industri makanan kecil seperti ikan yang diawetkan, madu yang dapat memperkuat tubuh dalam menghadapi wabah covid-19.

    Dalam kunjungannya juga Nico  memberikan tali asih berupa 60 paket sembako dan 300 masker kepada perwakilan UKM Pengrajin Sasirangan dan Kuliner Kota Banjarmasin.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id