Bupati Prediksi 2.000 Pemudik Tiba di Jepara

    Rhobi Shani - 03 Mei 2021 14:24 WIB
    Bupati Prediksi 2.000 Pemudik Tiba di Jepara
    ?ILUSTRASI: Buas AKAP di terminal bus Jepara. (Foto: Medcom.id/ Rhobi Shani)



    Jepara: Pemerintah telah mengeluarkan aturan larang mudik pada lebaran tahun ini. Sejumlah posko penyekatan di wilayah perbatasan provinsi dan kabupaten juga didirikan. Meski begitu, Bupati Jepara, Dian Kristiandi, memprediksi masih ada 2.000 warga Jepara yang mudik dari perantauan.

    “Makanya kami minta semua petugas di tim PPKM Mikro untuk melakukan pengecekan dan pencatatan serta kesiapan temen-teman kesehatan. Sehingga mampu mendeteksi mereka yang nekat pulang,” ujar Dian, Senin, 3 Mei 2021.






    Warga Bumi Kartini yang merantau ke sejumalah daerah lebih dari 10 ribu jiwa. Pada lebaran kali ini, sebanyak 2.000 jiwa diprediksi bakal mudik. Sebagian besar, merantau di wilayah Jabodetabek.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, Mundrikatun, mengatakan telah menyiapkan 6.000 tes usap antigen untuk pemudik. Tes usap antigen bagi pemudik dilaksanakan di tiap-tiap puskesmas.

    “Seminggu kami jadwalkan dua kali tes untuk pemudik. Sementara ini kami siapkan sekitar 6.000 (antigen), nanti kalau kurang ya, minta lagi ke provinsi,” ujar Mundrikatun.

    Untuk melacak pemudik yang sudah tiba di kampung halaman, Dinkes Jepara menggandeng kepolisian dan TNI. Selajutnya, didata untuk dilaporkan kepada bidan desa.

    “Setiap pelaku perjalanan wajib lapor dan didata oleh satgas desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa,” kata Mudrikatun.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id