Jateng Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang

    Mustholih - 21 November 2020 16:30 WIB
    Jateng Berpotensi Dilanda Hujan Lebat dan Angin Kencang
    ilustrasi Medcom.id
    Semarang: Masyarakat Jawa Tengah diminta bersiaga menghadapi musim hujan dalam satu pekan ke depan. Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memperkirakan cuaca ekstrem bakal menerjang beberapa daerah di Jateng mulai hari ini hingga 26 November 2020.

    "Dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang," kata Kepala BMKG Ahmad Yani Semarang, Achadi Subarkah Raharjo, saat dikonfirmasi, Sabtu, 21 November 2020.

    Baca: Khofifah Tetapkan UMK Jatim 2021 Rp1,8 Juta

    Subarkah menjelaskan cuaca ekstrem di Jateng terjadi akibat dinamika atmosfer yang tidak stabil. Kondisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. "Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia dalam periode sepekan ke depan," jelas Subarkah.

    Daerah-daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem antara lain, Grobogan, Blora, Sragen, Karanganyar, Magelang, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Temanggung, Batang, Kendal, Demak, Wonogiri, Boyolali, Klaten, Kudus, Pati, Jepara, Semarang, dan Pekalongan.

    Subarkah berujar cuaca ekstrem pada sepekan ke depan berpotensi mengakibatkan banjir, tanah longsor, dan banjir bandang. Dia meminta masyarakat Jateng berhati-hati menghadapi cuaca ekstrem. "Masyarakat dihimbau tetap waspada dan berhati-hati. dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id