Waspada Gempa Susulan, BMKG Minta Masyarakat Menjauh dari Lereng

    MetroTV - 16 Oktober 2021 11:26 WIB
    Waspada Gempa Susulan, BMKG Minta Masyarakat Menjauh dari Lereng
    Kepala BMKG Dwikrita Karnawati. Foto: Dok/Screenshot Metro TV



    Bali: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa berkekuatan 4,8 magnitudo yang mengguncang Karangasem, Bali disebabkan oleh aktivitas sesar lokal. Masyarakat diimbau untuk menjauhi lereng gunung.

    "Kami imbau kepada masyarakat, untuk saat ini mohon menjauh dari lereng-lereng lebih dahulu karena gempa susulan dikhawatirkan dapat memicu terjadinya longsor," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam tayangan Breaking News di Metro TV, Sabtu, 16 Oktober 2021.

     



    Dwikorita mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi longsor. Masyarakat juga diminta untuk tidak melewati jalan yang rawan longsor, apalagi dalam kondisi hujan.

    "Kalau ada hujan sebaiknya jalan umum yang lerengnya rawan longsor mohon untuk sementara tidak dilalui masyarakat. Masyarakat jangan dekat lereng yang berpotensi longsor," kata Dwikorita.

    Gempa terjadi di Kabupaten Karangasem, Bali, pada Sabtu, 16 Oktober 2021, pukul 03.18 WIB. Episentrum gempa terletak di koordinat 8,32 Lintang Selatan, 115,45 Bujur Timur, 8 kilometer (km) barat laut Karangasem dengan kedalaman 10 km.

    Tercatat ada tiga kali gempa susulan (aftershocks) pascagempa dengan kekuatan bervariasi mulai dari 1,7 sampai 3,8. Sebanyak empat orang di Kabupaten Bangli dan seorang anak di Kabupaten Karangasem meninggal dunia akibat gempa tersebut. (Widya Finola Ifani Putri)

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id