Capaian Vaksinasi Pelajar di Sulsel Baru 6%

    Muhammad Syawaluddin - 15 September 2021 06:16 WIB
    Capaian Vaksinasi Pelajar di Sulsel Baru 6%
    Salah seorang siswa SMA di Kota Makassar saat menjalani vaksinasi covid-19, di sekolahnya, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 14 September 2021.



    Makassar: Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mencatat hingga saat ini pelajar yang telah mendapatkan vaksinasi virus korona masih berkisar 6 persen dari total 353 ribu pelajar.

    "Yang telah divaksin kurang lebih 25 ribu siswa se-Sulsel atau kurang lebih 6 persen," kata Kabid Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan, Asqar, di Kota Makassar, Selasa, 14 September 2021.

     



    Asqar mengatakan dengan persentase yang masih terbilang kecil tersebut, pihaknya terus mendorong sekolah dan siswa untuk melaksanakan vaksinasi. Ia juga bekerja sama dengan pihak kepolisian. 

    Bahkan katanya, dengan kerja sama yang dijalin bersama Polda Sulawesi Selatan Disdik menargetkan sebanyak 1.500 hingga 10.000 pelajar bisa mendapatkan vaksinasi virus korona. Sehingga, bisa segera mencapai target 80 persen. 

    Baca juga: Banjir Bandang di Kabupaten Bogor Disebabkan Pendangkalan Sungai

    "Khusus untuk pelajar di Kota Makassar sudah 10.000 siswa dari 56 ribu pelajar," ungkapnya. 

    Asqar juga menjelaskan, kerja sama dengan sekolah tidak hanya akan dilakukan di sekolah negeri tapi juga sekolah swasta. Dengan begitu kekebalan tubuh atau capaian herd immunity kepada pelajar bisa tercapai kepada semua. 

    "Kalau untuk titiknya itu pertama di SMA Negeri 9 Makassar, SMK 4 Makassar, SMA 14 Makassar, SMA 5 Makassar, SMA 15 Makassar, dan SMA 21 Makassar," jelasnya. 

    Kapolda Sulsel, Irjen Merdisyam, menambahkan proses pemberian vaksin virus korona saat ini memang difokuskan kepada pelajar atau anak mininal berusia 12 tahun. Hal itu lantaran capaian vaksinasi covid-19 terhadap anak saat ini masih cukup rendah. 

    "Kami sudah kordinasi ke Plt Gubernur Sulsel dan instansi terkait, bahwa kita akan lakukan vaksinasi door to door ke sekolah," jelasnya. 

    Baca juga: PTM SMA/K di DIY Digelar Pekan Depan

    Merdisyam berharap dengan program vaksinasi virus korona ke sekolah-sekolah bisa mempercepat cakupan vaksinasi baik kepada siswa maupun guru hingga 80 persen. Sehingga, saat penetapan pemberlakuan pembelajaran tatap muka Sulawesi Selatan bisa memenuhi syarat. 

    "Kami juga mengimbau kepada orang tua. Karena memang harus ada izin orang tua untuk vaksin anak. Kita juga sudah sampaikan jangan ada keraguan dan kekhawatiran vaksin ini halal," katanya. 

    Menurutnya, jika vaksinasi virus korona ini berjalan dengan baik dan ketersediaan vaksin terpenuhi, target untuk mencapai kekebalan imun terhadap kelompok atau herd immunity di Sulawesi Selatan bisa tercapai pada akhir tahun 2021.


    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id