Metro Siang

    Kabar Baik, 10 Kabupaten/Kota Jawa Timur Berstatus PPKM Level 1

    MetroTV - 18 September 2021 18:51 WIB
    Kabar Baik, 10 Kabupaten/Kota Jawa Timur Berstatus PPKM Level 1
    10 Kabupaten/Kota di Jatim masuk PPKM Level 1(Metro Siang)



    Surabaya: Sebanyak 10 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur mengalami penurunan level PPKM menjadi level 1. Pemerintah provinsi Jawa Timur pun memberlakukan relaksasi aturan PPKM walaupun, tetap mengimbau masyarakat untuk taat protokol kesehatan.

    Menurut informasi dari situs Kementerian Kesehatan Indonesia per 15 September 2021, Jawa Timur merupakan provinsi pertama yang memasuki ppkm level 1 di Indonesia. Sebanyak 10 kabupaten/kota memasuki ppkm level 1 yaitu, Banyuwangi, Gresik, Lamongan, Madiun, Pasuruan, Sidoarjo, Surabaya, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, dan Kota Surabaya.

     



    Sementara itu, terdapat 27 kabupaten/kota yang memasuki ppkm level 2. Kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Lumajang, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung.

    Serta untuk kota terdapat Kota Batu, Bojonegoro, Blitar, Bondowoso, Jombang, Kediri, Madiun, Malang, Kota Mojokerto, Pasuruan, dan Probolinggo. Dan kini tersisa dua daerah yang berada dalam ppkm level 3 yaitu, Kabupaten Bangkalan dan Kota Blitar.

    “Sementara itu tidak ada kabupaten/kota di Jawa Timur yang memasuki PPKM level 4 per 15 September 2021,” kata Reporter Metro TV Fatma Ayu dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Sabtu, 18 September 2021.

    Untuk saat ini, capaian vaksinasi di Jawa Timur pun cukup tinggi. Dari 31 juta penduduk Jawa Timur, sebanyak 19 juta penduduk telah menerima vaksin. Angka tersebut dirincikan sebagai berikut, sebanyak 39 persen untuk dosis pertama dan 20 persen lebih untuk dosis kedua.

    Tidak hanya itu, Jawa Timur mengalami tren penurunan angka keterisian tempat tidur (BOR) secara drastis. Jawa Timur sempat menyentuh angka 60-90 persen untuk keterisian tempat tidur. Namun saat ini, BOR di Jawa Timur hanya 13 persen.

    “Untuk BOR juga sudah turun tajam di Jawa Timur, dari sekitar keterisiannya 60-90 persen, kini keterisiannya sudah mencapai 13 persen saja,” lanjut Fatma.

    Selain itu, angka kematian akibat covid-19 di Jawa Timur pun cukup rendah yaitu, sebesar 0,68 persen dari 100 ribu penduduk. Serta, angka positivity rate di Jawa Timur berada di angka 1,65 persen yang diartikan bahwa kasus aktif covid-19 di sana cukup rendah.

    Walau pun keadaan di Jawa Timur cukup kondusif, namun masih terdapat sejumlah orang yang melanggar protokol kesehatan (prokes). Fatma Ayu menyatakan, masih terdapat beberapa pedagang pasar yang tidak taat dalam menjalani prokes salah satunya, tidak menggunakan masker dengan baik dan benar.

    Hal ini pun disayangkan karena dengan kondisi yang sudah membaik, diharapakan masyarakat tetap bisa menjaga situasi tersebut. ini bertujuan agar penurunan kasus aktif bisa terus dipertahankan dan pandemi di Indonesia bisa cepat terselesaikan.

    “Untuk penjual ini harus diperhatikan karena banyak penjual atau pedagang sendiri yang belum menerapkan protokol kesehatan,” jelas Fatma. (Aulya Syifa)

    (RUL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id