Covid-19 Varian India Masuk Jatim, Tiga Orang Terpapar

    Amaluddin - 14 Juni 2021 17:25 WIB
    Covid-19 Varian India Masuk Jatim, Tiga Orang Terpapar
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Tiga orang warga Jawa Timur dipastikan terinfeksi covid-19 asal India atau B16172 D. Ini berdasarkan hasil skuensing yang dilakukan di ITD Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

    "Pagi tadi saya dapat info dari Pak Rektor (Unair), bahwa dari 24 sekuensing hasilnya keluar ada tiga orang, yang terkonfirmasi mutasi B16172 dari strain India," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Senin, 14 Juni 2021.

     



    Kata Khofifah, ketiga orang itu kini dirawat di rumah sakit berbeda. Yakni dua orang di RS di Surabaya dan satu dirawat di RS di Kabupaten Bojonegoro.

    "Ketiganya terdeteksi terpapar Covid-19 varian India. Dua posisi Surabaya dan satu dirawat di Bojonegoro," ujarnya.

    Baca: Pemda se-Jateng Diminta Ambil Sampel Genome Sequencing Pasien Covid-19

    Khofifah mengaku, telah meminta Koordinator Tracing Satgas Covid-19 Jatim, Kohar Hari Santoso, untuk mnelusuri kontak erat ketiga orang tersebut. Khofifah juga mengaku telah berkoordinasi dengan rumah sakit di Bojonegoro agar warga tersebut mendapat perawatan efektif.

    "Saya menugaskan Koordinator Tracing Provinsi Pak Kohar untuk melakukan tracing yang sudah terkonfirmasi kontak erat. Jadi kontak erat siapa saja. Ini sama seperti dengan Kudus," ujarnya.

    Pihaknya masih menunggu hasil whole genome sequencing lain yang tengah diteliti Universitas Airlangga. Hasil penelitiam tersebut sangat dibutuhkan untuk menentukan langkah penanganan dan perawatan jika ditemukan kasus serupa lainnya.

    "Jadi kami masih menunggu genome sequencing berikutnya, mudah-mudahan semua bisa terkoordinasikan dan termanage dengan baik," jelasnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id