Belasan Titik Api Muncul di Kalimantan Selatan

    Media Indonesia.com - 23 Agustus 2020 15:48 WIB
    Belasan Titik Api Muncul di Kalimantan Selatan
    Ilustrasi. Foto: Antara/Wahdi Septiawan
    Banjarmasin: Belasan titik api terpantau di kawasan hutan dan perbukitan sejumlah wilayah Kalimantan Selatan. Hal itu disebabkan maraknya pembukaan lahan pertanian.

    Sepanjang 2020, lebih dari 300 titik api muncul di wilayah Kalimantan Selatan. Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kalimantan Selatan per 23 Agustus 2020, ada 17 titik api di lima kabupaten.

    Rinciannya, lima titik api di Balangan, dua titik api di Kotabaru, satu titik api di Hulu Sungai Tengah, lima titik api di Banjar, dan empat titik api di Hulu Sungai Selatan.

    "Hasil pantauan satelit dan helikopter patroli terpantau titik api sebagian muncul di dalam kawasan hutan dan perbukitan. Umumnya akibat aktivitas pembukaan lahan pertanian," ungkap Kepala Seksi Pengendalian dan Kesiapsiagaan BPBD Kalimantan Selatan, Sahrudin, Minggu, 23 Agustus 2020.

    Baca juga: Zona Hijau, Bangka Tengah Antisipasi Klaster Baru Covid-19

    Dalam beberapa pekan terakhir, lanjut dia, tiga helikopter water boombing dan satgas darat yakni Manggala Agni dan TNI/Polri telah melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini, Kalimantan Selatan dalam status siaga darurat bencana kabut asap dan karhutla.

    Adapun Satgas Karhutla Kalimantan Selatan telah membangun lima posko terpadu di daerah rawan bencana karhutla. Seperti tahun sebelumnya, kawasan sekitar bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru menjadi salah satu prioritas, karena merupakan kawasan lahan gambut.

    BPBD Kalimantan Selatan mencatat sepanjang 2019 lebih dari 2.500 hektare lahan gambut terbakar. Sementara itu, luas karhutla mencapai hampir 7.000 hektare. Adapun yang terbesar adalah areal lahan pertanian akibat kegiatan pembersihan dan persiapan musim tanam oleh petani maupun korporasi. (Denny S)

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id