Pemerintah DIY Siapkan Rp13 Miliar Atasi Blank Spot

    Ahmad Mustaqim - 22 Juni 2020 22:55 WIB
    Pemerintah DIY Siapkan Rp13 Miliar Atasi <i>Blank Spot</i>
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) mencatat ada 49 titik blank spot (kawasan tak terjangkau jaringan internet). Kondisi ini menjadi gangguan dalam pembalajaran secara online maupun penerimaan peserta didik baru (PPDB).

    "49 titik blank spot itu gak semua wilayah. Misalnya (Kecamatan) Kalibawang (Kulon Progo), (Kecamatan) Ngawen dan Tepus (Gunungkidul)," kata Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora DIY, Bambang Wisnu Handoyo, di Kepatihan Yogyakarta, Senin, 22 Juni 2020.

    Baca: Pengelolaan Kawasan Industri Piyungan Yogyakarta Bermasalah

    Bambang mengatakan akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi untuk mengatasi masalah itu. Ia menyebut menyiapkan sekitar Rp13 miliar untuk mengatasi masalah itu.

    "Kalau tidak bisa pakai anggaran tak terduga, pakai anggaran (APBD) perubahan. Itu penting, entah ada covid-19 atau tidak," jelas Bambang.

    Pihaknya telah mengundang penyedia layanan jaringan untuk membahas masalah itu. Bambang meminta penyedia layanan jaringan itu bisa memberikan solusi tanpa membebani sekolah.

    "Jangan operator menawarkan ke sekolah hanya karena dengar biaya bus boleh untuk beli pulsa. Digunakan untuk kebutuhan yang lain lebih bermanfaat. Biaya pulsa biar jadi tanggungan pemerintah, biar sekolah tidak harus langganaan sendiri," ujarnya.

    Ia berharap dalam sepakan ke depan bisa muncul solusi masalah jaringan internet itu. Mengingat, kebutuhan sekolah dan siswa akan jaringan internet penting di masa pandemi covid-19.

    "Andai tak dalam situasi covid-19, pendidikan online sudah harus memilahkan, memisahkan, dan menjadwalkan ulang pembelajaran. Yang paling penting, berapa persen ilmu yang didapat melalui online dan yang harus dilakukan dengan tatap muka," bebernya.

    Ia berharap masalah blank spot akan teratasi keseluruhan tahun ini. Selain itu, pihaknya juga menarget SMK bisa masuk kategori badan layanan umum (BLU).

     

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id