Banjir di Tanggulangin Sidoarjo Berstatus Tanggap Darurat

    Syaikhul Hadi - 20 Februari 2020 21:14 WIB
    Banjir di Tanggulangin Sidoarjo Berstatus Tanggap Darurat
    Kisdam untuk mengurangi debit air di kawasan Tangguoangin, Sidoarjo.
    Sidoarjo: Banjir di dua Desa Kedung Banteng dan Banjar Asri Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo berstatus tanggap darurat. Penetapan status seiring perkembangan tak kunjung surut banjir dalam waktu sebulan.

    Camat Tanggulangin, Sidoarjo, Sabino Mariano mengatakan sejak ditetapkannya status tanggap darurat, semua elemen kebencanaan baik relawan, maupun petugas BPBD Sidoarjo tumpah ruah di lokasi. Mereka berbondong-bondong membagi tugasnya untuk membantu warga yang sedang tertimpa bencana banjir sejak sebulan yang lalu.

    "Sudah, sejak kemarin sudah ditetapkan tanggap darurat. Makanya semua ada di sini. Ini ada relawan, pegawai kelurahan dan BPBD semuanya ada," ujar Sabino Mariano saat ditemui di Balai Desa Kedung Banteng Tanggulangin, Sidoarjo, Kamis, 20 Februari 2020.

    Menurut Sabino, Pemda sudah berupaya maksimal mengurangi genangan dengan menerjunkan tiga pompa di beberapa titik lokasi banjir. Penyediaan pompa diharapkan mampu mengurangi debit air.

    "Sejak pompa beroperasi, ada beberapa RT yang (air) sudah mulai berkurang. Mudah-mudahan dengan beroperasinya pompa, terus normalisasi, dan penambahan pompa besok bisa mengurangi debit air," jelasnya.

    Diakuinya, genangan yang terjadi di dua desa itu selama sebulan dikarenakan curah hujan yang tinggi. Banjir setinggi 10-50 sentimeter membuat permukiman, jalan raya, dan ladang sawah milik warga terendam banjir.

    "Jalan-jalan dataran penuh dengan air, sawah juga, dan di sini juga tidak ada tempat pembuangan air," tambahnya.

    Meski demikian, pemerintah sudah menyediakan posko da dapur bencana. Diharapkan bisa mengurangi beban masyarakat yang tertimpa bencana banjir. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id