Penerbangan Bandara Adisutjipto Terimbas Korona

    Ahmad Mustaqim - 16 Maret 2020 19:42 WIB
    Penerbangan Bandara Adisutjipto Terimbas Korona
    Pemeriksaan suhu tubuh penumpang di terminal kedatangan Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Senin, 16 Maret 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Yogyakarta: Aktivitas penerbangan Bandara Adisutjipto Yogyakarta terimbas penyebaran virus korona covid-19. Jumlah penumpang mengalami penurunan, baik router internasional maupun domestik. 

    Bandara Adisutjipto memiliki dua rute penerbangan internasional, Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan internasional paling terdampak.

    "Penerbangan internasional, data penumpang pada 24 Februaru hingga 1 Maret, ada 5.751 penumpang. Setelah ada isu korona, menurun 4.393. Persentase penurunan sebesar 23,6 persen," kata Bagian Komunikasi dan Legal Manajer Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Rio Hendarto, di kantor PT. Angkasa Pura I Yogyakarta, Senin, 16 Maret 2020.

    Rute penerbangan domestik pun tak luput terimbas wabah virus korona. Catatan otoritas bandara Adisutjipto, jumlah penumpang pada 24 Februari hingga 1 Maret sebanyak 128.433. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 6 ribu.

    "Pada pekan ini, jumlah penumpang domestik tercatat sebanyak 122.379 atau turun empat persen," jelas Rio.

    Rio mengaku jika pihaknya cukup bisa memahami situasi itu. Di sisi lain, pihak otoritas bandara juga berupaya melakukan pelayanan baik dengan penyemprotan disinfektan ke setiap sudut terminal kedatangan penumpang, domestik maupun internasional. 

    Hal itu menjadi langkah antisipasi terhadap potensi penyebaran virus korona dari wilayah lain. Seperti Jakarta, Bali, ataupun kota yang terdapat pasien positif virus tersebut. 

    "Apabila ada penumpang terdeteksi dengan suhu tubuh di atas 38 derajat, ini akan ditindaklanjuti pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP," pungkas Rio.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id