Pemkot Batu Segera Pulihkan Wilayah Terdampak Angin Kencang

    Daviq Umar Al Faruq - 21 Oktober 2019 13:29 WIB
    Pemkot Batu Segera Pulihkan Wilayah Terdampak Angin Kencang
    Suasana sejumlah atap rumah yang hancur usai diterjang angin puting beliung di Desa Sumber Brantas, Batu, Jawa Timur, Senin (21/10/2019). ANTARA FOTO/Unggul Prabowo
    Batu: Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu saat ini tengah mengupayakan keselamatan warganya yang terdampak bencana angin kencang. Bencana ini sendiri terjadi sejak Sabtu, 19 Oktober hingga Minggu, 20 Oktober 2019.

    "Kami menyelamatkan warga yang terdampak, menyiapkan tempat mereka beristirahat dan sebagainya," kata Dewanti saat dikonfirmasi, Senin, 21 Oktober 2019.

    Dewanti menjelaskan jika Pemkot Batu bakal membuat kondisi terdampak bencana menjadi normal kembali. Mulai dari perbaikan rumah tinggal, air, listrik, sekolah dan fasilitas lainnya.

    "Perbaikan secepatnya. Kita sudah minta bantuan Divif 2 Kostrad dan Kodim 0818 untuk mengerahkan pasukan. Kalau bisa sehari jadi, digeruduk 1.000 orang siap," beber Dewanti.

    Berdasarkan rekap data terakhir terdapat sebanyak 1.182 pengungsi terdampak bencana ini. Mereka tersebar di pos pengungsian SDN 01 Punten (149 Pengungsi), Balai Punten (356 Pengungsi), Balai Desa Sidomulyo (126 pengungsi), Posko BPBD Kota Batu (388 Pengungsi), Desa Sidomulyo (33 pengungsi), Tulungrejo (27 pengungsi), dan Rumah Dinas Walikota (103 Pengungsi).

    "Para warga ini mengungsi sampai menunggu anginnya, menunggu badainya berlalu. Badai pasti berlalu," beber Dewanti.

    Di sisi lain Dewanti mengaku telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk menangani pelajar yang terdampak bencana. Sebab di lokasi bencana terdapat sejumlah sekolah yang tentunya diliburkan karena siswanya mengungsi.

    "Nanti sama gurunya yang ketinggalan-ketinggalan itu akan dikejar, mereka yang lebih tau. Untuk trauma healing sudah dilakukan oleh para relawan," pungkas Dewanti.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id