Bayar PBB di Sidoarjo Sudah Gunakan E-Commerce

    Syaikhul Hadi - 16 November 2019 19:34 WIB
    Bayar PBB di Sidoarjo Sudah Gunakan <i>E-Commerce</i>
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal
    Sidoarjo: Warga Sidoarjo saat ini bisa melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) melalui internet e-Commerce. Upaya itu dilakukan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Sidoarjo bersama perusahaan e-commerce sebagai langkah kemudahan transaksi.

    Kepala BPPD Kabupaten Sidoarjo, Joko Santosa, menyampaikan kerjasama antara BPPD dengan beberapa perusahaan e-commerce ini akan memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam melakukan pembayaran.

    "Warga Sidoarjo sekarang sudah bisa membayar PBB lewat traveloka, bukalapak, tokpedia dan Link Aja," kata Joko Santosa di Sidoarjo, Sabtu, 16 November 2019.

    Selain itu, dalam waktu dekat BPPD Sidoarjo juga akan meluncurkan program E-SPPT aplikasi cetak mandiri salinan SPPT PBB. Program ini akan memberikan kemudahan, masyarakat bisa mencetak sendiri salinan SPPT PBB.

    "Rencananya program ini mulai berjalan tahun 2020," jelas Joko.

    Sementara Bupati Saiful Ilah menyampaikan bahwa Sidoarjo menjadi satu-satunya daerah di Jawa Timur yang sudah menerapkan pembayaran PBB melalui e-commerce. Pihaknya akan mengupayakan agar layanan kepada wajib pajak semakin mudah dan efektif. Dengan kemudahan tersebut harapannya akan memberikan dampak positif bagi kenaikan pajak daerah.

    Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sisi pajak daerah tiap tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bila dilihat dari target penerimaan pajak daerah tahun 2018 sebesar Rp.900 milyar 540 juta rupiah dibanding dengan target penerimaan pajak daerah tahun 2019 sebesar Rp. 1 triliun 9 milyar 946 juta rupiah.

    "Ada peningkatan sebesar 11,65 persen atau naik sebesar Rp. 105 milyar 406 juta," kata Saiful.

     



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id