Kerja di Rumah Rusak Citra ASN

    Roni Kurniawan - 13 Agustus 2019 15:36 WIB
    Kerja di Rumah Rusak Citra ASN
    Pegawai Negeri Sipil mengikuti Upacara peringatan HUT RI ke-69 di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (MI/RAMDANI).
    Bandung: Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung menilai wacana bisa kerja di rumah akan merusak citra terutama dari masyarakat. Kehadiran ASN di kantor menjadi salah satu hal yang wajib serta tolak ukur untuk kinerja.

    Menurut Hendro, salah satu ASN di Bidang Sekda Kota Bandung, diberlakukannya pola kerja yang baru yang dengan bisa kerja di rumah akan merusak citra ASN. Terlebih kini ASN di Pemkot Bandung mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) sesuai dengan tingkat kehadiran serta produktivitas.

    "Selain merusak citra PNS juga akan mengurangi tingkat kedisiplinan yang berujung pada turunnya kualitas kerja," kata Hendro saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa, 13 Agustus 2019.

    Baca: Ide 'Absurd' PNS Kerja di Rumah

    Menurut Hendro jika aturan tersebut ditetapkan oleh pemerintah pusat, ia berharap tidak seluruh bidang kerja bisa dikerjakan di rumah. Pasalnya hal itu akan mengurangi tingkat disiplin para ASN yang kini terus digenjot oleh Pemkot Bandung melalui Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 1 dan 2 tentang Disiplin dan Kinerja Pegawai.

    "Tetapi apabila pemerintah memiliki kebijakan lain mungkin sebaiknya tidak dipukul rata semua bisa seperti itu tetapi hanya berlaku pada jabatan atau tingkat profesionalitas tertentu pada bidangnya," ungkap Hendro.

    Baca: Istana Respons Wacana ASN Kerja dari Rumah

    Segendang sepenarian diungkapkan Prima, ASN yang bertugas di bagian Humas Sekda Kota Bandung. Prima mengaku melaksanakan tugas kantor di rumah sangat berkaitan erat dengan tingkat disiplin hingga kualitas pelayanan terhadap masyarakat. 

    "Karena masyarakat akan mendapatkan dengan mudah pelayanan apabila ASN yang bertugas selalu siaga," ujar Prima. 



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id