Polda Kalsel Kerahkan Mobil Patroli untuk Tanggulangi Karhutla

    Antara - 14 Agustus 2019 18:11 WIB
    Polda Kalsel Kerahkan Mobil Patroli untuk Tanggulangi Karhutla
    Petugas berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di Desa Alue Peunyarieng, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (9/7/2019). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas.
    Banjarmasin: Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan mengerahkan sejumlah mobil patrolinya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Mobil patroli tersebut membawa persediaan untuk membantu pemadaman api.

    "Mobil patroli bak terbuka telah kami modifikasi untuk bisa membawa tandon air dan mesin pompa untuk dipergunakan dalam upaya melakukan pemadaman apabila ada titik api," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Muji Ediyanto di Banjarmasin, Rabu, 14 Agustus 2019.

    Muji menjelaskan untuk mendukung Operasi Kepolisian Kontijensi Karhutla Intan 2019, jajarannya kini lebih fokus dalam upaya penanggulangan setiap titik api yang muncul. Salah satu wilayah yang mendapat perhatian yaitu kawasan sekitar Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru.

    "Wilayah bandara jadi atensi Kapolda, jadi kami fokus membantu kekuatan personel dalam penanggulangan karhutla di area tersebut," jelas Muji.

    Sebagai lokasi siaga beberapa unit mobil patroli Ditlantas yang telah dimodifikasi tersebut diletakkan di Posko Utama Karhutla Polda Kalsel di Jalan Ahmad Yani Km 21, Banjarbaru.

    Muji berharap anggotanya yang bertugas bisa maksimal dalam mendukung operasi. Selain bertindak langsung sebagai unit pemadaman, Polantas juga harus bisa memastikan jalur-jalur yang dilalui kendaraan menuju titik api agar lebih mudah dan cepat.    

    "Pastikan juga jalur jalan yang dilintasi aman. Misalnya juga apakah bisa dilalui kendaraan roda empat atau hanya roda dua, di sini peran utama Polantas dalam penanggulangan Karhutla agar lebih efektif dan efisien upaya pemadamannya. Kalau memang tidak bisa jalur darat, segera informasikan ke satgas udara agar ditangani helikopter dengan water bombing," pungkas Muji.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id