Mabes TNI Akan Memasilitasi Pemulangan Pengungsi di Wamena

    Antara - 09 Oktober 2019 18:02 WIB
    Mabes TNI Akan Memasilitasi Pemulangan Pengungsi di Wamena
    Prajurit TNI berjaga di antara warga yang gagal berangkat untuk mengungsi dengan menumpang pesawat Hercules TNI AU di Bandar Udara Wamena, Papua, Rabu (9/10/2019). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
    Jayapura: Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan Mabes TNI siap memfasilitasi pemulangan pengungsi ke Wamena dan Ilaga dengan mengerahkan berbagai fasilitas yang dimiliki.

    "Saat ini sudah ada warga yang kembali ke Wamena dan kami fasilitasi mengingat situasi keamanan di wilayah itu makin kondusif," kata Hadi di Jayapura Rabu, 9 Oktober 2019.

    Hadi mengatakan untuk mengangkut pengungsi yang ingin kembali ke Wamena, Mabes TNI mengerahkan pesawat hercules, sedangkan bagi pengungsi yang ingin kembali ke Ilaga akan diangkut dengan menggunakan helikopter.

    Senada, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan saat ini situasi keamanan di Wamena sudah kondusif sehingga para pengungsi diharapkan mau kembali dan menempati rumahnya.

    Bila rumah mereka mengalami kerusakan akibat kerusuhan beberapa waktu lalu, kata dia, pemerintah daerah dan provinsi setempat akan membantu pembangunan pemukiman sementara.

    "Yang pasti situasi keamanan saat ini sudah kondusif dan aktivitas masyarakat mulai kembali berlangsung, bahkan sekolah-sekolah sejak Senin, 7 Oktober sudah dibuka kembali," kata Tito.

    Tito menambahkan dari sekitar 15 ribu warga yang mengungsi, 86 di antaranya telah diterbangkan ke Wamena pada Rabu, 9 Oktober dengan menggunakan pesawat hercules TNI AU. (Syahrum Latupono)

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id